Soal Dana Haji Minta ke China “Amien Rais”, Ini Komentar Politisi NasDem

Soal Dana Haji Minta ke China “Amien Rais”, Ini Komentar Politisi NasDem

Widiynews.com – Wacana penggunaan dana haji diluar fungsinya yang dicanangkan oleh pemerintah melalui Presiden Joko Widodo (Jokowi) menuai banyak komentar dari sejumlah pihak, salah satunya Amien Rais.

Menurut pendiri partai Amanat Nasional (PAN) itu, sebaiknya pemerintah jangan menggunakan dana haji untuk pembangunan infrastruktur. Bahkan, Amien Rais menyarankan kepada Jokowi untuk meminta dana ke China terkait program infrastruktur ketimbang menggunakan dana haji.

Pernyataan mantan Ketua MPR itu ternyata membaut geram sejumlah kalangan, termasuk politisi partai Nasional Demokrat (NasDem) Irma Suryani Chaniago.

“Memang siapa Amien Rais? Kok berani-beraninya bilang menolak? Kalau ngomong mbok dipikir dulu. Sebagai orang yang mengerti agama dengan baik, tabayun dulu dengan menteri agama dan Presiden. Jangan kebiasaan ‘rasa tidak suka’ dipelihara dan menjadi tidak bijak. Apalagi sampai ngomong minta saja dana ke Cina. Ini bahasa provokasi,” tegas Irma di Jakarta, Rabu (2/8/2017).

Irma juga menyarankan agar Amien Rais agar tidak mudah mengumbar pernyataan yang justru semakin memperkeruh suasana.

“Berhentilah membuat pernyataan-pernyataan yang tidak bijak, terkait rencana pemerintah menginvestasikan dana haji, sebagai orang tua harusnya jadi pemersatu bangsa,” kata Irma.

Menurut Anggota Komisi X DPR Fraksi Partai NasDem itu, sebaiknya Amien Rais tabayun pada menteri agama dan presiden jika memang rencana pemerintah untuk menginvestasikan dana haji untuk pembangunan infrastruktur kurang pas.

“Jika ada yang dirasa kurang pas, beliau harusnya tabayun pada menteri agama dan presiden. Janganlah rasa tidak suka pribadi diumbar ke publik dan melebar kemana-mana dengan bawa-bawa HTI,” tegasnya.