Home Berita Terkini Produk Beras PT IBU Tidak Sesuai SNI?

Produk Beras PT IBU Tidak Sesuai SNI?

Produk Beras PT IBU Tidak Sesuai SNI?

Widiynews.com – Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri Martinus Sitompul mengatakan, dua produk beras produksi PT Indo Beras Unggul (PT IBU), yakni beras cap Maknyuss dan Cap Ayam Jago tidak sesuai SNI (Standar Nasional Indonesia).

“Produk PT IBU tidak sesuai SNI,” kata Martinus di komplek Polri.

Tidak hanya itu, menurut Martinus PT IBU juga tidak mencantumkan kualitas mutu produk beras didalam tiap kemasannya.

Martin melanjutkan, PT IBU justru mencantumkan Angka Kecukupan Gizi (AKG) dalam tiap kemasannya.

“Dia gunakan SNI 2008, dalam SNI 2008 tidak dikenal istilah premium dan medium, tapi mutu 1 sampai 5. PT IBU ini tidak mencantumkan mutu di kemasan produk mereka,” terang Martin.

Setelah diteliti oleh sejumlah saksi ahli, diduga AKG yang dicantumkan tidak sesuai dengan kandungan beras. Selain itu, beras Maknyuss dan Cap Ayam Jago juga jauh dibawah kualitas beras medium.

“Padahal AKG itu hanya untuk produk olahan. Sehingga bisa dihitung kecukupan gizinya saat dikonsumsi. Bukan produk mentah seperti beras, yang harus diolah sebelum dikonsumsi,” terang Martin.

Oleh karenanya, kata Martin, yang paling bertanggung jawab atas pelanggaran ini adalah Direktur Utama PT IBU yaitu Trisnawan Widodo (TW). Ia pun ditetapkan sebagai tersangka atas dugaan perlindungan konsumen.

Tersangka pun dijerat dengan Pasal 382 BIS KUHP, Pasal 144 Undang-undang nomor 18 tahun 2012 tentang, dan Pasal 62 Undang-undang nomor 8 tentang Perlindungan Konsumen.

“Tersangka diancam kurungan 20 tahun penjara dan denda Rp 10 miliar,” tandas Martin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here