Soal Tuduhan PKI, Sekjen PDIP Lanjutkan Proses Hukum Arief Poyouno

Soal Tuduhan PKI, Sekjen PDIP Lanjutkan Proses Hukum Arief Poyouno

Widiynews.com – Tuduhan Arief Poyouno terhadap PDI dengan menyamakan partai berlogo moncong putih itu dengan PKI nampaknya akan berlanjut ke ranah hukum. Meskipun Wakil Ketua Umum Partai Gerindra itu sudah meminta maaf melalui surat yang dikirim kepada pihak PDI Perjuangan.

Hal ini disampaikan oleh Sekjen PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto saat berkunjung ke kediaman tokoh senior PPP, Hamzah Haz di bilangan Kuningan, Jakarta Selatan, 5 Agustus 2017.

Hasto mengatakan, pihaknya telah menerima surat penyataan maaf yang dikirim oleh Arief. Meski demikian, partainya saat ini tengah mempelajari langkah hukum guna merespon tuduhan yang mendeskriditkan PDI Perjuangan tersebut.

“Ya, kami sudah menerima pernyataan permintaan maaf itu, dalam tradisi budaya timur, maaf memaafkan adalah satu hal yang sangat baik ya, dan itu juga yang akan kami lakukan,” kata Hasto.

Hasto menyayangkan pernyataan yang dilontarkan Arief beberapa waktu lalu. Menurutnya, sebagai kader partai, sikap seorang politikus harus dijaga. Karena apa yang dilontarkan bisa memiliki dampak luar biasa.

“Bagaimanapun juga menjadi pemimpin partai itu harus hati-hati dalam berbicara, berdisiplin betul dalam berbicara apa yang disampaikan didengarkan masyarakat,” ujar Hasto.

[artikel number=2 tag=”arief-poyouno” ]

Hasto melanjutkan, sebagai negara yang menjunjung tinggi aspek hukum, langkah hukum adalah konsekuensi yang harus disikapi dalam bersikap di Indonesia. Pernyataan Arief yang menyamakan PDI seperti PKI telah menyentuh aspek martabat dan kehormatan partai.

“Ini merupakan bagian dari pembelajaran, agar sekali lagi hati-hati di dalam berbicara sebagai politisi,” tuturnya.

“Apalagi pernyataan itu dikemukakan oleh anggota partai politik. Apa pun yang dikatakan oleh politisi mempunyai konsekuensi-konsekuensi politik dan setiap pihak harus bertanggung jawab atas apa yang diucapkan,” kata Hasto.