Home Polah Iniloh, Perbedaan Komisaris dan Komisaris Independen AirAsia yang Kini Disandang Raline Shah

Iniloh, Perbedaan Komisaris dan Komisaris Independen AirAsia yang Kini Disandang Raline Shah

Iniloh, Perbedaan Komisaris dan Komisaris Independen AirAsia yang Kini Disandang Raline Shah

Iniloh, Perbedaan Komisaris dan Komisaris Independen AirAsia yang Kini Disandang Raline Shah

Widiynews.com – Baru-baru ini, jagat hiburan dihebohkan dengan kabar yang datang dari artis cantik Raline Shah. Kabarnya, wanita yang lahir pada 4 Maret 1984 itu resmi dinobatkan sebagai direktur di unit bisnis maskapai penerbangan biaya rendah AirAsia Indonesia.

Menanggapi kabar tersebut, CEO AirAsia Indonesia, Dendy Kurniawan pun akhirnya angkat bicara seraya membenarkan kabar pengangkatan tersebut.

Namun, bukan direktur, menurut Dendy, jabatan yang akan dipegang oleh Ralin bukanlah direktur melainkan komisaris independen. “Iya betul (Raline diangkat jadi komisaris independen AirAsia Indonesia),” Dendy Kurniawan Selasa (8/8/2017).

Lantas, apa perbedaan komisaris dan komisaris independen yang nantinya akan disandang oleh pemenang Puteri Favorit di ajang pemilihan Puteri Indonesia 2008 itu?

Dijelaskan oleh Dendy, komisaris adalah sekelompok orang yang telah dipilih atau ditunjuk untuk mengawasi kegiatan suatu perusahaan atau sebuah organisasi. Ada banyak sebutan untuk jabatan ini. Dinegara Barat, dewan komisaris lebih banyak dikenal dengan sebutan board of directors atau board of managers, board of regents, dan board of trustees.

Dan biasanya, komisaris dipegang oleh pemegang saham yang ditugaskan untuk mengawasi jalannya perusahaan.

Berbeda dengan komisaris independen, tugas atau orang ini diangkat karena dianggap mampu mengawasi operasional dan kinerja perusahaan meski berasal dari luar perusahaan atau organisasi.

Dendy juga mengatakan, komisaris independen dianggap bisa bersikap objektif dan memiliki risiko kecil dalam conflict of interest perusahaan. Namun kelemahannya adalah kurangnya pengalaman dalam menangani masalah spesifik yang dihadapi perusahaan.

Tugasnya komisaris dan komisaris independen tetap sama, yakni mengawasi operasional dan kinerja perusahaan dan memberi peringatan kepada direksi ketika terjadi hal-hal yang mulai menyimpang dari visi dan misi yang telah ditetapkan oleh perusahaan.

Dendy melanjutkan, AirAsia akan merilis keternagan resmi mengenai pengangkatan Raline Shah pada sore ini. Selain itu, akan dijelaskan pula alasan AirAsia memilih Ralin untuk masuk ke dalam jajaran komisaris.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here