Berita Terkini. 4 Agen Perjalanan Umroh yang Bakal Bernasib Sama Seperti First Travel

Berita Terkini. 4 Agen Perjalanan Umroh yang Bakal Bernasib Sama Seperti First Travel

Berita Terkini. 4 Agen Perjalanan Umroh yang Bakal Bernasib Sama Seperti First Travel

Widiynews.comBerita Terkini: Selain agen perjalanan umroh First Travel, ada empat biro lain yang juga terindikasi menipu jemaah dan bakal bernasib sama. Hal ini diungkapkan oleh Anggota Komisi VIII DPR, Khatibul Umam Wiranu.

Menurutnya, keempat biro perjalanan itu sama-sama menipu para jamaah haji dengan cara persis yang dilakukan oleh First Travel.

Sayangnya, ia enggan menyebutkan nama keempat biro perjalanan tersebut karena telah sepakat dengan Kementerian Agama untuk mengumumkan nama penyedia jasa itu usai SK pencabutan operasi dikeluarkan.

Keempat biro perjalanan kini sedang dalam tahap penyelidikan. Jika terbukti benar melakukan penipuan kepada calon jamaah, maka keempatnya dipastikan bernasib sama seperti agen First Travel.

Senada dengan Khatibul, Kepala Pusat Data dan Informasi Kementerian Agama, Mastuki mengatakan, dua dari empat biro perjalanan terindikasi bermasalah seperti First Travel.

Saat ini sedang disiapkan pencabutan SK izin operasionalnya. Ia juga enggan menyebut nama dari keempat biro jasa perjalanan umroh nakal tersebut.

Diketahui pula, saat ini pasutri pemilik First Travel sudah ditetapkan sebagai tersangka.

Dari penyelidikan tahap akhir ditemukan 35 ribu calon jamaah yang batal berangkat.

Jika masing-masing calon jamaah umroh menyetorkan dana Rp 14,3 juta, maka ada dana sebesar Rp 550 miliar milik para jamaah yang dikantongi oleh First Travel.

Namun, dari hasil pemeriksaan, polisi hanya menemukan Rp 1.3 juta yang tersimpan didalam rekening First Travel.

Pascakasus penipuannya terkuak ke media, pasangan ini masih bisa liburan mewah ke luar negeri. Pihak pembela meyakinkan uangnya dari kocek pribadi, bukan uang nasabah.