Bagaimana Ciri-Ciri Tubuh Kekurangan Asupan Air Putih? Ini Tanda-Tandanya!

Bagaimana Ciri-Ciri Tubuh Kekurangan Asupan Minum Air Putih? Ini Tanda-Tandanya!

WIDIYNEWS.COM – Dampak buruk kekurangan asupan air putih tidak hanya pada sebagian anggota tubuh saja, tapi dapat berakibat fatal pada organ tubuh lainnya. Itu sebabnya, para pakar kesehatan menyarankan untuk mengonsumsi air putih dengan cukup setidaknya 8 gelas setiap harinya.

Seperti dilansir dari Vemale.com, Minggu (3/9/2017), asupan air putih yang cukup dapat menjaga kestabilan kesehatan tubuh. Hal ini juga berdampak positif terhadap kesehatan kulit dan kecantikan seseorang. Bahkan, dengan tercukupinya kebutuhan air didalam tubuh, maka kita dapat terhindar dari berbagai jenis penyakit mematikan.

Sayangnya, meski sudah mengetahuinya, tidak sedikit orang yang masih tetap mengabaikan aktivitas ini. Air putih memang kurang enak untuk dikonsumsi, sehingga tak heran jika orang lebih memilih untuk mengonsumsi kopi, teh manis, air soda dan minuman lainnya untuk meredakan rasa haus.

Ada beberapa tanda yang dapat kita lihat ketika tubuh benar-benar kekurangan asupan air putih. Dan tentunya, hal ini dapat berakibat fatal bagi kelangsungan tubuh kita jika terus menerus dibiarkan. Berikut tanda-tanda tubuh kekurangan air putih yang dapat kita kenali.

Bibir Kering dan Pecah-Pecah

Tanda pertama tubuh kekurangan asupan air putih yang dapat dilihat adalah ketika bibir mengalami pecah-pecah atau kering. Cairan yang kurang didalam tubuh berdampak pada produksi lendir dan air di mulut menjadi berkurang. Tak hanya mulut yang kering, kulit pun akan terlihat kering dan bersisik.

Massa Otot Menjadi Berkurang

Otot tubuh tersusun oleh air. Jika tubuh kekurangan asupan air, maka bisa kesehatan tubuh akan semakin berkurang, kekuatan serta massa otot pun menjadi terganggu. Massa otot akan berkurang dan tidak sekuat seperti biasanya.

Kekebalan Tubuh Menurun

Air bermanfaat menjaga kesehatan tubuh dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ketika kekebalan tubuh menurun, sering mengalami sakit dan rentan terjangkit berbagai virus, hal ini menunjukkan bahwa tubuh seseorang sedang mengalami kekurangan asupan air putih.

Sering Merasa Lelah

Kurangnya konsumsi air putih bisa membuat pembuluh darah dalam tubuh tidak terhidrasi dengan baik. Akibatnya, tubuh akan menjadi lebih mudah capek, lelah, lemas dan letih.

Lebih dari itu, kurangnya konsumsi air juga bisa membuat tubuh menjadi mudah gemuk atau mengalami obesitas.

Selain mengonsumsi air putih secara cukup, penting sekali untuk tetap menerapkan pola hidup yang sehat, makan makanan sehat, olahraga secara teratur dan istirahat dengan cukup.

Nah, itulah beberapa tanda ketika tubuh mengalami kekurangan asupan air putih. Pastikan untuk tetap minum air putih dengan cukup setiap harinya demi mendapatkan tubuh yang sehat, bugar dan tentunya terhindar dari dehidrasi.