Bacaan Doa Mengenakan Baju dan Sandal

Bacaan Doa Mengenakan Baju dan Sandal

WIDIYNEWS.COM – Ketika hendak memakai baju sebaiknya diawali dengan doa. Hal ini lah yang selalu diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW. Hal ini bertujuan untuk menambah rasa syukur kita ketika memiliki pakaian baru atau pakaian yang bagus-bagus.

Berikut ini adalah salah satu doa yang bisa dibaca ketika hendak mengenakan pakaian baru, seperti baju, celana, kerudung, tas, sepatu, sandal ikat pinggang, jas, rok, dasi, jaket, dan jenis pakaiannya lainnya.

اللَّهُمَّ لَك الْحَمْدُ أَنْتَ كَسَوْتنِيهِ أَسْأَلُك خَيْرَهُ وَخَيْرَ مَا صُنِعَ لَهُ ، وَأَعُوذُ بِك مِنْ شَرِّهِ وَشَرِّ مَا صُنِعَ لَهُ

Allâhumma lakal hamdu, anta kasautanîhi as’aluka khairahû wa khairamâ shuni‘a lah. Wa a‘ûdzu bika min syarrihî wa syarrimâ shuni‘a lah.

Artinya:

“Tuhanku, segala puji bagi-Mu. Engkau yang mengenakanku pakaian. Aku minta kepada-Mu kebaikan pakaian ini dan kebaikan yang dilakukan dengan pakaian ini. Aku berlindung kepada-Mu dari keburukan pakaian ini dan keburukan yang dilakukan dengan pakaian ini.”

Selain doa di atas, bisa juga kita membaca doa berikut ini sebagai alternatif. Keduanya merupakan doa yang diajarkan oleh Rasulullah SAW.

الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي كَسَانِي مَا أُوَارِي بِهِ عَوْرَتِيْ وَأَتَجَمَّلُ بِهِ فِي حَيَاتِي

Alhamdulillâhil ladzî kasânî mâ uwârî bihî ‘auratî, wa atajammalu bihi fî hayâtî.

Artinya:

“Segala puji bagi Allah yang mengenakanku pakaian yang menutupi aurat dan aku dapat berhias dengannya.”

Kedua doa ini dicantumkan oleh Imam An-Nawawi dalam karyanya Al-Adzkar.

Demikian bacaan doa yang dapat dibaca ketika hendak memakai baju dan sandal. Mengawali sesuatu yang baik dengan doa akan menambah keberkahan dalam setiap usaha.