Home News Peristiwa Komisi Perlindungan Anak Temui Orang Tua Bayi Debora

Komisi Perlindungan Anak Temui Orang Tua Bayi Debora

Komisi Perlindungan Anak Temui Orang Tua Bayi Debora

WIDIYNEWS.COM – Kasus kematian bayi Tiara Debora Simanjorang mendapat sorotan dari banyak pihak. Kematian bayi berusia empat bulan ini diakibatkan lambatnya penanganan RS Mitra Keluarga Kalideres saat menangani bayi Debora.

Terkait kasus kematian bayi tersebut, Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), Sitti Hikmawatty berencana menemui ibu dari bayi Debora, Henny Silalahi siang ini.

“Kita sekarang mau bertemu dengan ibundanya Debora‎h,” ujara wanita yang karib disapa Sitti itu seperti dikutip dari Okezone.com (10/9/2017). (Baca Juga: Dinas Kesehatan Kritik Penanganan RS Mitra Keluarga yang Akibatkan Bayi Debora Meninggal)

Sitti mengatakan, pihaknya akan menemui Henny hari ini. Pasalnya, saat ini Henny sedang diwawancarai oleh sejumlah televisi nasional terkait kasus kematian anaknya itu. “Siang ini kita ketemunya. Nanti hasilnya kami sampaikan,” ungkap Sitti.

Saat ini, menurut Sitti, KPAI tengah mendalami kasus ini dengan menggali keterangan dari berbagai pihak terkait, diantaranya pihak keluarga korban dan rumah sakit dan serta pihak BPJS.

Diketahui sebelumnya, melalui keterangan persnya, pihak manajemen RS Mitra Keluarga mengatakan telah melakukan tindakan penyelematan jiwa saat bayi Debora tiba di RS. Beberapa tindakan yang telah dilakukan diantaranya, penyedotan lendir, dipasang selang ke lambung dan intubasi (pasang selang nafas), dilakukan bagging (pemompaan oksigen dengan menggunakan tangan melalui selang nafas), infus, obat suntikan dan diberikan pengencer dahak.

Selain itu, pihak RS Mitra Keluarga juga telah menawarkan agar Debora dirawat di PICU kepada anggota keluarga. Namun, karena kondisi keuangan, pihak keluarga merasa keberatan. Sehingga, RS Mitra Keluarga membantu keluarga Debora agar bisa dirujuk ke RS yang bermitra dengan BPJS.

Usai mendapat RS sebagai rujukan, kondisi Debora tiba-tiba memburuk. Dokter telah memberikan pertolongan resusitasi selama 20 menit namun nyawa Debora tak bisa diselamatkan.

Sebagaimana diketahui, Debora yang merupakan warga Kecamatan Benda, Kota Tangerang mengalami sesak nafas dan dilarikan ke RS Mitra Keluarga pada 3 September 2017 pukul 3.40 WIB. Namun, nyawanya tak tertolong sesaat sebelum Debora dirujuk ke RS yang bekerja sama dengan BPJS sekitar pukul 9.00 WIB.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here