Home News Peristiwa Kasus Kematian Bayi Debora, YLKI Sarankan RS Mitra Keluarga Diberi Sanksi Tegas!

Kasus Kematian Bayi Debora, YLKI Sarankan RS Mitra Keluarga Diberi Sanksi Tegas!

Soal Kasus Kematian Bayi Debora, YLKI Sarankan RS Mitra Keluarga Diberi Sanksi Tegas!

WIDIYNEWS.COM – Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) terus mendesak kepada Kementerian Kesehatan (Kemkes) serta Dinas Kesehatan DKI Jakarta untuk segera menjatuhi sanksi kepada RS Mitra Keluarga Kalideres jika terbukti melakukan penelantaran. Menurut YLKI, pihak RS Mitra Keluarga patut diduga telah melakukan penelantaran yang berujung meninggalnya bayi berusia empat bulan atas nama Tiara Debora Simanjorang.

“Sudah sepatutnya Pemprov DKI Jakarta dan Kemkes mengusut tuntas kasus ini, dan memberikan sanksi tegas kepada pihak rumah sakit, jika terbukti pihak rumah sakit melakukan pelanggaran,” kata Ketua YLKI Tulus Abadi di Jakarta, Minggu (10/9).

Meski telah memberikan pertolongan pertama, menurut Tulus, seharusnya pihak rumah sakit memberikan pertolongan dengan fasilitas Pediatric Intensive Care Unit (PICU) yang dimiliki, mengingat kondisi bayi Debora sudah kritis. Bukan mempimpong pasien untuk di rujuk ke rumah sakit lain dengan alasan pasien tidak mampu menyediakan sejumlah uang yang ditentukan.

“Adalah sebuah pelanggaran regulasi dan kemanusiaan jika pihak rumah sakit menolak pasien dengan alasan pasien tidak mampu membayar uang muka yang ditentukan, sementara kondisinya sudah gawat,” tegas Tulus.

Kasus kematian bayi Debora ini menjadi sorotan banyak pihak. Tidak sedikit publik yang menyayangkan dan mengkritik tindakan RS Mitra Keluarga yang lambat menangani bayi Debora yang mengakibatkan bayi malang itu meregang nyawa.

Fenomena ini, menurut Tulus, menunjukkan betapa ironisnya bahwa rumah sakit yang seharusnya dikelola dengan basis kemanusiaan dan tolong menolong, tetapi justru dikelola dengan basis komersialistik.

Seperti diberitakan, bayi Tiara Debora Simanjorang anak dari Henny Simanjorang dan Rudianto Simanjorang meninggal di IGD RS Mitra Keluarga Kalideres. Bayi Debora meninggal akibat terlambat mendapatkan perawatan karena terkendala uang muka atau down payment (DP) untuk membayar biaya PICU sebesar Rp 19.800.000.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here