Home Phone Cara Ampuh Mempercepat Koneksi Internet untuk Semua Jenis Smartphone Android

Cara Ampuh Mempercepat Koneksi Internet untuk Semua Jenis Smartphone Android

Cara Ampuh Mempercepat Koneksi Internet untuk Semua Jenis Smartphone Android

Cara Ampuh Mempercepat Koneksi Internet untuk Semua Jenis Smartphone Android dengan Mudah.

WIDIYNEWS.COM – Memiliki koneksi internet super cepat melalui genggaman smartphone adalah dambaan semua orang. Namun, karena berbagai macam hal kendala koneksi internet masih tetap saja lemot dan lelet, padahal sinyal yang ditampilkan pada smartphone terlihat penuh.

Padahal, mengakses internet cepat tidak selamanya bergantung kepada jaringan yang stabil atau kuota internet yang banyak. Ada beberapa hal lain yang harus dipenuhi oleh para pengguna smartphone Android. Beberapa diantaranya mungkin bakal Anda temukan dalam cara-cara dibawah ini.

Apa saja cara ampuh tersebut? Simak selengkapnya melalui artikel cara ampuh mempercepat koneksi internet yang telah kami sajikan dibawah ini.

1. Jaringan “3G Only” atau “4G Only” 

Hmapir semua perangkat Android memiliki opsi pengaturan jaringan (cellular network), yakni 3G Only, 4G Only, atau WCDMA. Pastikan Anda tidak memilih opsi jaringan WCDMA karena sinyal yang akan masuk kedalam ponsel Android adalah jaringan 2G atau EDGE.

Gunakan pilihan pengaturan 3G Only atau 4G Only. Dan jangan lupa untuk melakukan pencarian jaringan operator secara otomatis bukan manual. Hal ini akan membantu jaringan ponsel Anda menjadi lebih stabil.

2. Menutup Aplikasi Tak Digunakan 

Saat sedang serius menggunakan ponsel, sering kali kita tidak sadar membiarkan banyak aplikasi terbuka dan berjalan. Padahal, kebiasaan buruk ini bisa memperlambat performa ponsel smartphone Anda.

Apalagi, jika saat Anda sedang mengunduh atau browsing di internet, sebaiknya tutup aplikasi yang sedang berjalan atau tidak digunakan. Semakin banyak aplikasi terbuka, maka RAM akan semakin penuh. Hal ini pula dapat mempengaruhi kecepatan koneksi internet ponsel Android yang Anda gunakan.

3. Menghapus Cache Ponsel

Salah satu hal penting yang tidak pernah terpikirkan adalah menghapus cache memori penyimpanan atau history perambaan Anda. Sesekali, hapuslah cache di ponsel Anda agar performa ponsel dapat berjalan dengan baik dan Anda dapat mengakses internet dengan lancar.

4. Matikan Fitur Tethering

Thetering adalah semacam hotspot pada ponsel. Artinya Anda dapat menjadikan ponsel Anda sebagai “MiFi” dan membagikan koneksi internet ke teman-teman Anda. Namun, karena jaringan internet Anda terbagi, artinya Anda harus siap berbagi bandwith dengan perangkat lain. Ini akan membuat koneksi internet Anda menjadi lambat.

5. Pilih Browser Tercepat

Usahakan untuk menggunakan browser yang cepat dan ringan karena ini akan berpengaruh besar pada kecepatan koneksi internet di smartphone Android Anda. Saat ini ada banyak jenis aplikasi perambaan yang Ada. Salah satunya adalah Operamini.

Browser ini adalah aplikasi browser yang paling ringan saat ini. Browser tersebut tidak langsung menanggapi permintaan saat digunakan browsing. Setiap permintaan akan dilewatkan melalui server terlebih dahulu untuk dikompres agar ukuran file menjadi lebih kecil, baru kemudian dikirimkan keperangkat seluler penggunanya.

Metode kompres merupakan sebuah cara untuk mempercepat pengiriman data dan tentunya akan mempercepat koneksi internet Android yang Anda gunakan. So, aplikasi browser ini sangat cocok untuk megnehemat penggunan data internet Android Anda.

6. Matikan Pengaturan Auto Sync dan Data Latar Belakang

Banyak aplikasi Android seperti Facebook Messenger, BBM, aplikasi chatting, email, pesan instan lainnya yang terus menerus mengakses internet dilatar belakang yang pada akhirnya membuat koneksi internet ponsel menjadi lambat.

Aplikasi yang berjalan di latar belakang ini dapat mengurangi kecepatan download dan juga browsing ponsel. Idealnya, jika saat Anda melalukan browsing tetapi aplikasi lain yang tidak Anda gunakan juga memakai koneksi internet. Itu sebabnya, jika Anda ingin membuat koneksi internet menjadi lebih cepat, maka Anda harus mematikan data latar belakang tersebut.

7. Memilih Paket Internet Terbaik

Hal penting lainnya yang harus diperhatikan ketika berharap memiliki koneksi internet cepat adalah memilih paket internet terbaik untuk menunjangnya. Percuma saja, Anda berharap internet cepat namun jika ternyata paket internet yang Anda gunakan memang lambat.

Kecepatan koneksi internet tergantung pada ISP (Internet Service Provider) masing-masing. Saat ini sudah banyak penyedia layanan internet yang hanya menawarkan harga murah dan akses internet cepat. Sehingga, Anda harus pintar memilih paket yang akan Anda gunakan.

8. Mengenali Jaringan Terbaik di Lokasi Anda

Cara penting lainnya untuk membantu Anda dalam mempercepat koneksi internet adalah mengetahui jaringan terbaik di tempat tinggal Anda saat ini. Jika Anda tinggal didaerah yang tidak dapat dijangkau oleh jaringan 3G atau 4G LTE sementara Anda ingin mempercepat dengan cara pertama (3G Only atau 4G Only) maka tentu saja tidak dapat berfungsi.

Mengapa hal ini bisa terjadi? Sebab, jaringan internet di tempat tinggal Anda tidak menjangkau jaringan 3G atau 4G LTE. Meskipun Anda memaksakannya maka tetap saja jaringan tidak akan muncul meskipun sudah di aktifkan.

9. Pastikan HP Android Anda Mendukung Koneksi Internet Tercepat

Yang paling penting dan tentunya juga harus diperhatikan adalah pastikan ponsel Anda sudah mendukung jaringan tercepat saat ini, minimal 3G, HSPA atau yang paling cepat saat ini 4G LTE.

Jika ponsel Anda sudah mendukung jaringan diatas, maka koneksi internet di HP Anda dapat dengan mudah untuk dipercepat. Jika sebaliknya, maka tidak ada salahnya Anda ganti dengan ponsel yang sudah mendukung jaringan tersebut.

Jika Anda berencana membeli HP Android yang baru maka pastikan Anda mengecek spesifikasi smarthone tersebut apakah sudah mendukung koneksi handal saat ini. Saat ini ada banyak rekomendasi Android smartphone murah dan terjangkau dengan dukungan koneksi internet terbaik di Indonesia.

Sehingga, untuk bisa menikmati internet cepat saat ini sebenarnya tidak harus memiliki ponsel mahal. Sudah banyak smartphone dengan harga terjangkau namun sudah dilengkapi dengan fitur akses internet cepat dan juga fitur kekinian lainnya yang lengkap. Itulah beberapa cara ampuh untuk meningkatkan koneksi internet untuk semua jenis HP Android.