Home Berita Utama Teknologi Smartphone Cara Mudah Regristrasi Ulang Kartu SIM Prabayar Semua Operator (XL, Tri, Indosat,...

Cara Mudah Regristrasi Ulang Kartu SIM Prabayar Semua Operator (XL, Tri, Indosat, dan Simpati)

Cara Mudah Regristrasi Ulang Kartu SIM Prabayar Semua Operator (XL, Tri, Indosat, dan Simpati)

Cara Mudah Regristrasi (Daftar) Ulang Kartu SIM Prabayar Semua Operator (XL, Tri, Indosat, dan Simpati) Bagi Pengguna Baru dan Kartu Seluler Lama.

WIDIYNEWS.COM – Sesuai kebijakan yang telah ditetapkan oleh pemerintah, semua pemilik kartu SIM prabayar harus melakukan regristari atau daftar ulang. Meski demikian, masih banyak para pengguna operator seluler yang masih kebingungan bagaimana cara medaftar ulangkan kartu SIM mereka.

Sebetulnya, cara regristrasinya sangatlah mudah. Tentunya jika kita sudah mengetahui caranya. Namun, bagi mereka yang masih bingung, tentu hal ini akan menjadi hal yang sangat rumit.

Sedikit hal yang perlu diketahui adalah, bahwa para pelanggan kartu SIM prabayar tidak perlu mencantumkan nama ibu kandung saat melakukan regristrasi. Informasi nama ibu kandung sebaiknya jangan diberikan ke orang lain karena sering digunakan dalam verifikasi untuk sejumlah proses transaksi, misalnya saja perbankan.

Para pemilik kartu SIM prabayar wajib mencantumkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) serta nomor Kartu Keluarga (KK) untuk keperuan validasi pemilik saat mendaftarkan nomor SIM card-nya. Hal ini berlaku bagi seluruh pengguna kartu SIM prabayar, baik itu Indosat, Telkomsel, Tri, XL, Axist dan lainnya.

Cara Mudah Menyimpan Postingan Facebook dengan Fitur Save

Hal lain yang juga perlu diketahui adalah, regristrasi kartu SIM dapat dilakukan melalui SMS tanpa dikenakan biaya atau gratis baik pengguna baru atau pengguma kartu SIM lama. Nah, bagi Anda yang saat ini belum juga melakukannya, silahkan Anda ikuti langkah-langkah regristrasu kartu SIM prabayar dibawah ini.

Pelanggan Baru (Pembeli Kartu SIM Perdana)

Ketentuan ini berlaku bagi pelanggan yang baru membeli kartu SIM prabayar perdana mulai 31 Oktober 2017 atau setelahnya. Regristrasi dengan nomor NIK dan KK dilakukan setelah aktivasi awal dimana operator seluler meminta sejumlah data, misalnya nama lengkap, alamat, ID outlet dan lainnnya untuk mengatifkan kartu.

Setelah kartu sudah aktif dan dapat digunakan di ponsel, buka aplikasi SMS dan tulis pesan ke nomor 4444 dengan format dibawah ini :

1. Registrasi kartu SIM prabayar perdana Telkomsel (Simpati, Kartu AS):

REG<spasi>16 digit NIK#16 digit nomor KK#

2. Registrasi kartu SIM prabayar perdana XL Axiata (XL, Axis) :

DAFTAR#16 digit NIK#16 digit nomor KK

3. Registrasi kartu SIM prabayar perdana Indosat (IM3, Mentari), Tri, dan Smartfren:

16 digit NIK#16 digit nomor KK#

Pelanggan Lama (Kartu SIM Aktif)

Cara ini dapat digunakan bagi Anda para pemilik kartu SIM yang sudah aktif sebelum tanggal 31 Oktober 2017. Cara yang dilakukan hampir sama seperti para pemilik kartu baru. Silahkan ikuti langkah-langkahnya dibawah ini.

1. Registrasi ulang kartu SIM prabayar aktif Telkomsel (Simpati, Kartu AS):

ULANG<spasi>16 digit NIK#16 digit nomor KK#

2. Registrasi ulang kartu SIM prabayar aktif XL Axiata (XL, Axis) :

ULANG#16 digit NIK#16 digit nomor KK

3. Registrasi ulang kartu SIM prabayar aktif Indosat (IM3, Mentari), Tri, dan Smartfren:

ULANG#16 digit NIK#16 digit nomor KK#

Setelah pesan terkirim, Anda akan mendapat balasan berupan pesan yang menunjukkan bahwa proses regristrasi Anda berhasil atau tidak. Jika gagal, Anda akan diberi tahu penyebabnya, misalnya karena nomor NIK atau KK salah.

Cara Ampuh Mempercepat Koneksi Internet Untuk Semua Jenis Smartphone Android

Ingat, Anda harus memasukkan nomor NIK dan KK asli. NIK dan KK palsu tidak bisa digunakan karena operator seluler secara otomatis akan mencocokkan informas yang dikirimkan pelanggan denga pusat data Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil).

JIka data yang dikirim sudah asli dan benar tapi tidak kunjung tervalidasi oleh sistem operator, pelanggan tetap bisa melakukan aktivasi kartu SIM prabayar dengan mengisi surat pernyataan.