Home Olahraga Liga Champions: Manchester City Pastikan Tiket 16 Besar

Liga Champions: Manchester City Pastikan Tiket 16 Besar

WIDIYNEWS.COM- Manchester City berhasil mengamankan tiket ke babak 16 besar usai  memenangi duel sengit melawan Napoli dengan skor 4-2.

Pada pertandingan di San Paolo, Kamis (2/11/2017) dinihari WIB, Napoli memulai pertandingan dengan lebih baik. Tim tuan rumah unggul 1-0 melalui gol Lorenzo Insigne pada menit ke-21 setelah menekan City habis-habisan.

Tapi, City kemudian mampu mengembangkan permainan. Sundulan Nicolas Otamendi pada menit ke-34 menyamakan kedudukan menjadi 1-1. Skor ini bertahan hingga jeda.

 

City langsung menyengat Napoli di awal babak kedua. Gol John Stones pada menit ke-48 membawa tim tamu berbalik memimpin 2-1. Namun, Napoli bisa menyamakan skor menjadi 2-2 melalui penalti Jorginho pada menit ke-62.

Setelah skor kembali berimbang, Napoli berusaha keras untuk mengejar kemenangan. Akan tetapi, hal ini justru menjadi bumerang. City kembali unggul 3-2 setelah serangan balik mereka pada menit ke-69 dituntaskan menjadi gol oleh Sergio Aguero. Di injury time, City memantapkan kemenangannya lewat gol Raheem Sterling.

Kemenanganini mengokohkan posisi City di puncak klasemen Grup F dengan koleksi 12 poin dari empat laga. City sudah dipastikan lolos meski masih ada dua laga sisa di fase grup. Napoli tetap di posisi ketiga dengan tiga poin dan terancam tersingkir.

Permainan berjalan menarik sejak menit pertama karena kedua tim bermain terbuka. Napoli mengambil inisiatif permainan dan banyak menekan City di menit-menit awal. Pada menit keenam, tembakan jarak jauh Marek Hamsik mengarah tepat ke tangkapan Ederson.

Di menit ke-13, Dries Mertens lolos dari jebakan offside dan mencoba mencetak gol dari sudut sempit. Tapi, Ederson dengan mudah mengantisipasinya.

Gempuran bertubi-tubi dari Napoli akhirnya membuahkan hasil pada menit ke-21. Insigne melakukan umpan satu-dua dengan Mertens sebelum menaklukkan Ederson lewat tembakan ke tiang jauh.

Setelah kemasukan, City perlahan-lahan mampu mengembangkan permainannya. Tim tamu punya peluang pada menit ke-32, tapi tembakan Sergio Aguero cuma melebar setelah mengenai pemain Napoli.

City menyamakan kedudukan dua menit kemudian. Otamendi yang ikut membantu serangan menanduk bola umpan silang Ilkay Guendogan untuk mengubah skor menjadi 1-1.

City nyaris berbalik memimpin di menit ke-39. Stones menanduk bola dari jarak yang cukup jauh dari gawang, tapi si kulit bundar hanya menghantam mistar.

Skor tak berubah hingga rampungnya babak pertama. Kedua tim masih sama kuat 1-1.

Begitu babak kedua dimulai, City kembali menekan Napoli. Sterling melakukan penetrasi ke kotak penalti Napoli, tapi tembakannya diblok Raul Albiol.

City berbalik unggul 2-1 pada menit ke-48. Stones memenangi duel udara untuk menyundul bola hasil sepak pojok Leroy Sane. Bola sundulan Stones memantul ke tanah dan ditangkap oleh Pepe Reina. Namun, teknologi garis gawang menunjukkan bahwa telah terjadi gol.

Napoli nyaris mencetak gol delapan menit kemudian. Insigne melepaskan tembakan keras dari luar kotak penalti, tapi bola tembakannya mengenai mistar.

Tim tuan rumah mendapatkan hadiah penalti di menit ke-62. Wasit menunjuk titik putih setelah Sane melanggar Albiol. Jorginho dipercaya menjadi eksekutor dan menjalankan tugasnya dengan sangat baik. Skor kembali berimbang 2-2.

Berselang enam menit, Jose Callejon membuang peluang emas untuk menjebol gawang City. Callejon tinggal berhadapan dengan Ederson, tapi penyelesaiannya digagalkan oleh kiper City itu.

Serangan balik kilat City pada menit berikutnya berbuah gol ketiga untuk tim tamu. Kecepatan Sane membuat lini belakang Napoli kalang kabut. Meski Sane kehilangan bola, Aguero yang muncul dari belakang meneruskan serangan dan sukses menceploskan bola ke dalam gawang tanpa bisa dicegah Reina. City kini memimpin 3-2.

Sane berpeluang memperbesar keunggulan City di menit ke-80. Tapi, tendangan bebasnya masih sedikit melambung.

Pemain pengganti Bernardo Silva punya dua peluang untuk mencetak gol. Tembakan pertamanya ditepis Reina, sementara yang kedua masih melambung.

Sterling akhirnya memantapkan kemenangan City lewat golnya di injury time. Usai menerima operan dari Kevin De Bruyne, Sterling membobol gawang Napoli melalui tendangan mendatarnya.