Home Olahraga Liga Inggris: Gol Tunggal Moratta Menangkan Chelsea

Liga Inggris: Gol Tunggal Moratta Menangkan Chelsea

WIDIYNEWS.COM- Chelsea sukses meraih kemenangan tipis dengan skor 1-0 saat menjamu Manchester United. Gol tunggal Chelsea dalam laga tersebut tercipta dari kepala Alvaro Morata.

Bermain di Stamford Bridge, Minggu (5/11/2017) malam WIB, Antonio Conte tidak memainkan David Luiz di laga ini setelah dia tampil buruk di Liga Champions, sebagai gantinya diturunkan Andreas Christensen di pusat pertahanan. Dari lapangan tengah N’Golo Kante kembali dimainkan setelah sempat absen karena cedera.

Sedikit mengejutkan, Jose Mourinho tidak memerintahkan pemainnya memarkir bus di Stamford Bridge. Ini membuat pertandingan berjalan cukup seru di menit-menit awal.

Setelah babak pertama tuntas tanpa gol, kebuntuan baru pecah saat babak kedua berjalan 10 menit. Alvaro Morata menjebol gawang David de Gea menggunakan kepalanya. Itu menjadi satu-satunya gol yang tercipta di pertandingan ini. Laga pun tuntas dengan kedudukan 1-0.

Poin penuh atas The Red Devils membuat Chelsea kini ada di posisi empat klasemen dengan 22 poin dipunya. Sementara MU masih bertahan di urutan dua dengan koleksi 23 poin. Namun jarak MU dengan Manchester City di puncak klasemen kian menjauh, menjadi delapan poin kini.

Setelah tendangan Cesc Fabregas dari jarak jauh bisa dengan mudah diredam David de Gea, Chelsea bisa menjebol gawang MU melalui bunuh diri Phil Jones di menit tujuh. Namun wasit membatalkannya karena dianggap telah terlebih dulu terjadi pelanggaran pada Phil Jones oleh Alvaro Morata.

Semenit berselang MU gantian mengancam. Marcus Rashford berdiri bebas di muka gawang untuk menyambar umpan silang dengan kepalanya. Tapi sundulan pesepakbola 20 tahun itu hanya membuat bola mendarat di jala atas gawang.

Chelsea kembali punya kans mencetak gol di menit 11. Setelah umnpan yang dilepaskan Zappacosta gagal dimanfaatkan Morata, Bakayoko berhasil menyambarnya. Tapi upaya Bakayoko tidak membuahkan hasil, padahal dia berdiri hanya beberapa meter di muka gawang.

Penyelamatan pertama Thibaut Courtois terjadi di menit 16 saat dia menghalau tendangan Romelu Lukaku yang mengarah ke pojok gawang. Tak lama berselang gantian Hazard menguji De Gea dengan sepakan kerasnya dari luar kotak penalti. Bola mental dari momen itu bisa disambar Cesc Fabregas namun masih belum menghasilkan gol.

Di separuh kedua babak pertama Chelsea mendominasi pertandingan. MU yang berhasil merepotkan pertahanan tuan rumah di awal laga kini tidak lagi leluasa membangun serangan.

Sebelum turun minum The Blues punya peluang memecah kebuntuan melalui Christiansen. Mencoba menyambar bola hasil tendangan sudut, timing bek asal Denmark itu tidak sempurna. Alih-alih menggunakan kepala, bola malah mengenai bahunya dan melayang tinggi ke atas gawang.

Chelsea masih tampil solid di awal babak kedua. Di sisi lain, MU mengawali laga dengan mengandalkan permainan fisik yang berakibat munculnya dua kartu kuning. Jones menerimanya di menit 49 dan Ander Herrera di menit 51.

Peluang terbaik Chelsea di awal babak kedua datang dari Hazard, tapi upaya tersebut belum membuahkan hasil apapun karena De Gea berhasil menghalau bola masuk ke gawangnya.

Gol! Di menit 55 Chelsea akhirnya memecah kebuntuan. Cesar Azpilicueta melepaskan crossing dalam ke kotak penalti, di sana Morata dengan leluasa menanduk bola ke arah tiang jauh. De Gea tak bergerak saat si kulit bundar merobek jala gawangnya. 1-0 tuan rumah unggul.

Dalam posisi tertinggal, MU coba melakukan perubahan taktikal. Anthony Martial masuk menggantikan Mkhitaryan di menit 62, sementara Fellaini masuk menggantikan Jones tak lama berselang.

Masuknya Fellaini langsung memberi dampak pada MU. Posturnya yang besar membantu MU memenangi perebutan bola, untuk mengumpannya pada Rashford. Tapi tendangan Rashford hanya membuahkan sepak pojok karena membentur bek Chelsea.

Di menit 75 Chelsea nyaris memperbesar keunggulan andai saja sepakan Bakayoko tidak melebar, atau dia mau mengumpan pada Morata yang berada tak jauh darinya untuk memberikan dukungan.

Satu menit berselang gantian Hazard yang menggedor pertahanan MU. Kali ini sepakannya berhasil diselamatkan oleh De Gea.

Peluang terakhir MU menyamakan kedudukan datang di menit 90 melalui Fellaini. Tapi upaya gelandang asal Belgia itu dihentikan oleh kiper rekan senegaranya, Courtois.