Home Health News Health Ups, Berada Terlalu Lama Diruangan Ber-AC Ternyata Picu Nafsu Makan?

Ups, Berada Terlalu Lama Diruangan Ber-AC Ternyata Picu Nafsu Makan?

Ups, Berada Terlalu Lama Diruangan Ber-AC Ternyata Picu Nafsu Makan?

WIDIYNEWS.COM – Beda orang, beda pula nafsu makannya. Tak semua orang yang memiliki badan kurus juga memiliki nafsu makan yang sedikit, justru kadang sebaliknya. Hal ini tentu akan merepotkan jika Anda sedang menjalani diet. Rasanya sulit sekali menahan keinginan merasakan berbagai jenis makanan yang terlihat menggiurkan setiap kali melihatnya.

Dilansir dari Vemale.com, ada banyak hal yang dapat menyebabtkan tinggnya nafsu makan seseorang. Dan ternyata salah satunya adalah karena AC. Bagaimana itu bisa terjadi?

Saat udara dingin, tanpa disadari kamu akan lebih banyak mengonsumsi makanan agar tubuh terasa hangat. Begitu pula dengan ruangan ber-AC, di cuca dingin karena suhu AC, kamu akan memiliki keinginan yang lebih besar untuk mengonsumsi makanan dan juga minuman.

Jika memang pekerjaan menuntut Anda untuk harus terus menerus berada diruangan ber-AC dengan suhu yang cukup dingin, maka siasati dengan memakai baju yang hangat. Ini akan menjadi salah satu pencegahan nafsu makan Anda semakin bertambah.

Tips meningkatkan nafsu makan

Ada banyak cara untuk meningkatkan nafsu makan seseorang. Yakni tetap dengan cara yang mudah dan menyenangkan. Tidak perlu dipaksakan, karena hal ini justru akan membuat Anda semakin stres karena tubuh Anda menolak makanan yang Anda masukkan. Berikut ini beberapa cara mudah untuk meningkatkan nafsu makan:

1. Jadikan waktu makan sebagai waktu berkumpul bersama

Makan sendiri mungkin membuat Anda merasa kesepian. Sesekali, ajaklah teman kantor Anda makan diluar, atau terima ajakan teman untuk hanya sekedar makan bersama di luar rumah.

Ingin Berat Badan Tetap Ideal? Cobalah Sarapan Ini Setiap Hari

Sempatkanlah makan bersama keluarga Anda jika memang memungkinkan, selain terasa lebih menyenangkan, makan bersama ternyata juga dapat memicu meningkatnya nafsu makan.

2. Makan lebih sering dalam porsi kecil

Sepiring nasi beserta lauk pauk mungkin terasa sulit untuk Anda habiskan dalam satu kali makan. Tapi, gagasan “ngemil” mungkin terlalu menggoda untuk ditinggalkan begitu saja. So, daripada memaksakan diri untuk tiga kali makan besar dalam satu hari, cobalah camil 6-7 porsi makanan ringan sepanjang hari sebagai gantinya.

Kalori yang Anda konsumsi melalui ngemil dengan cara ini akan semakin bertambah, tapi tidak akan diikuti oleh perasaan perut “begah” dan mengantuk dampak yang selalu hadir setiap kali selesai makan banyak.

3. Pastikan stok makanan favorit Anda selalu siap sedia

Anda akan lebih mudah untuk makan lebih banyak jika dihadapkan oleh makanan yang benar-benar Anda sukai dan nikmati, jadi pastikan Anda menyimpan stok camilan favorit Anda didalam jangkauan.

Isi kulkas dan dapur Anda dengan bahan-bahan makanan kesukaan Anda sehingga Anda selalu memiliki makanan yang siap sedia.

Menyimpan resep-resep masakan favorit Anda dalam sebuah jurnal juga dapat membantu Anda di saat-saat genting Anda butuh ide untuk memasak.

4. Olah makanan menjadi lebih menarik

Jika Anda tidak lapar karena makanan terlihat atau terasa hambar, cobalah untuk menemukan cara untuk membuatnya lebih menggoyang lidah. Tata makanan Anda diatas piring semenggugah mungkin dengan variasi makanan dan nuansa warna-warni.

Coba gabungkan beberapa jenis makanan berbeda, seperti menambahkan beberapa potongan brokoli atau paprika merah diatas pasta, atau hanya dengan menempatkan beberapa tangkai peterseli di piring Anda.

Menambahkan variasi menu makanan dapat membantu membuat makanan menjadi terlihat lebih menarik untuk dinikmati. Sering-seringlah melakukan eksperimen dengan resep baru atau jenis masakan baru juga menjadi cara unik untuk mendorong nafsu makan Anda.

5. Minum air diantara waktu makan, bukan selama makan

Minum air tepat sebelum dan selama makan mungkin mengurangi jumlah makanan yang Anda konsumsi selama makan. Minumlah sedikit-sedikit saja, sehingga tidak mengganggu fokus Anda terhadap makanan yang Anda konsumsi.

Resep Kreatif: Gyeran Mari, Telur Gulung ala Korea yang Nikmat

Anda juga bisa membuat sendiri smoothie buah lezat. Tambahkan lebih banyak kalori untuk smoothies anda dengan sesendok kacang atau bubuk protein.

6. Rajin olahraga

Membakar kalori melalui olahraga mungkin sedikit berlawan dengan logika. Bagaimana mungkin olahraga bisa meningkatkan nafsu makan? Bukankah justru membuat tubuh menjadi lelah dan tidak bersemangat?

Justru sebaliknya, olahraga atau latihan fisik dapat membantu merangsang nafsu makan. Aktivitas fisik merilis senyawa kimia dalam otak yang dapat meningkatkan mood Anda dan merangsang nafsu makan Anda. Cobalah lakukan gerakan-gerakan ringan selama 30 menit rutin setiap harinya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat!