Home News Peristiwa Ingin Biaya Listrik Dirumah Tetap Hemat? Lakukan 6 Hal Penting Ini !

Ingin Biaya Listrik Dirumah Tetap Hemat? Lakukan 6 Hal Penting Ini !

Ingin Biaya Listrik Dirumah Tetap Hemat? Lakukan 6 Hal Penting Ini !

Berita Terkini. Ingin Biaya Listrik Dirumah Tetap Hemat? Lakukan 6 Hal Penting Ini.

WIDIYNEWS.COM – Biaya listrik setiap bulannya tidak boleh dianggap enteng. Jika terlalu diremehkan, pengeluaran bisa membengkak setiap bulannya. Ada baiknya, Anda tetap memperhatikan pemakaian listrik setiap harinya agar pengeluaran rumah tangga Anda tidak semakin membengkak.

Apalagi, dalam satu satu tahun tarif dasar listrik (TDL) bisa beberapa kali mengalami peningkatan tergantung dari peraturan pemerintah. Kalau sudah begini, mau tidak mau pengeluaran biaya listrik akan semakin bertambah.

Siapapun Anda, pastinya tidak ingin mengalami hal demikian. Berapapun daya listrik yang digunakan ditempat tinggal Anda, tentu Anda memiliki keinginan untuk memangkas biaya listrik. Jika demikian, cobalah lakukan 6 hal ini supaya Anda bisa terbiasa menghemat biaya listrik setiap bulannya.

Mengganti Lampu Rumah dengan Lampu LED

Selain lebih terang, lampu jenis LED memiliki keunggulan lebih hemat energi, tidak panas, warna benda terlihat lebih nantural, serta lebih tahan lama dibanding jenis lampu biasanya.

Untuk kamar mandi, kamar tidur sebaiknya gunakan lampu jenis LED daya rendah. Sementara untuk ruang tamu atau ruang keluarga, serta ruang kerja, Anda bisa menggunakan daya yang lebih tinggi. Intinya, sesuaikan daya lampunya dengan kebutuhan.

Matikan Lampu Jika tidak Terpakai

Biasakan mematikan lampu ruangan rumah Anda yang tidak diperlukan saat dimalam hari ketika hendak tidur. Seperti ruang tamu, kamar mandi dan lain sebagainya. Meski sederhana, cara ini ternyata lebih ampuh untuk membantu menghemat biaya listrik bulanan Anda.

Memilih Televisi LED dengan Fitur Hemat Energi

Meski sedikit lebih mahal, namun dari perbandingan daya listrik TV tabung atau TV LCD dengan LED TV sangatlah jauh. Misalnya, TV tabung atau LCD berukuran 32 inchi menggunakan daya listrik bisa setengahnya saja.

Pemerintah Berencana Hapus Golongan Listrik 900, 1.300 dan 2.200 VA

Apalagi jika televisi LED yang Anda gunakan sudah dilengkapi dengan fitur Eco, maka akan semakin menekan biaya listrik Anda setiap bulannya.

Pilih AC dengan Fitur Hemat Listrik dan Gunakan Sesuai Kebutuhan

Gunakanlah sumber daya AC sesuai volume ruangan. Untuk kamar tidur, sebenarnya 1/2 sampai 3/4 PK sudah cukup. Sementara untuk kebutuhan ruang tamu dan keluarga Anda bisa menggunakan AC berdaya 1-1,5 PK.

Selain itu, pastikan pula ketika hendak membeli AC baru memilih yang sudah dilengkapi fitur hemat listrik.

Menghemat Penggunaan Air

Cara lain menghemat listrik adalah dengan menghemat air. Dengan mengemat penggunan air makan mesin pompa air juga tidak sering menyala. Pastikan ditempat tinggal Anda memiliki tempat penampungan air supaya mesin otomatis pompa juga tidak terlalu sering menyala.

Lepaskan Steker dari Colokan Jika Tidak Digunakan

Pastikan Anda sudah mencabut steker peralatan listrik apapun termasuk charger ponsel yang tidak digunakan. Mencabut steker mungkin hematnya tidak seberapa. Namun, jika jumlah steker dirumah Anda banyak, maka ini akan membantu sekali meminimalisir biaya listrik dirumah Anda.

Ups, Berada Terlalu Lama Diruangan Ber-AC Ternyata Picu Nafsu Makan?

Itu 6 hal penting yang bisa Anda lakukan untuk menghemat tagihan listrik dirumah Anda. Tidak ada salahnya Anda mencoba menerapkan langkah-langkah diatas. Dengan menghemat pengeluaran Anda, maka Anda bisa mengalihkan dana tersebut untuk kepentingan keluarga atau kebutuhan yang lebih penting lainnya.

Mari Bagikan :

Pengguna Samsung Galaxy A7 yang juga menjadi kontributor di situs berita Widiynews.com