Home News Berita Nasional Ini Rancangan Desain Kampung Susun Warga Bukit Duri yang Diajukan ke Gubernur...

Ini Rancangan Desain Kampung Susun Warga Bukit Duri yang Diajukan ke Gubernur Anies

Ini Rancangan Desain Kampung Susun Warga Bukit Duri yang Diajukan ke Gubernur Anies

Berita Nasional Terkini: Ini Rancangan Desain Kampung Susun Warga Bukit Duri yang Diajukan ke Gubernur Anies Baswedan

WIDIYNEWS.COM – Ketua Komunitas Ciliwung Merdeka Sandyawan Sumardi mengatakan bahwa konsep kampung susun yang diajukan dirinya berbeda dengan konsep rumah susun meski sama-sama bertingkat. Menurutnya, konsep ini dirancang oleh arsitek yang bekerjasama dengan Ciliwung Merdeka.

Deretan unit pada lantai di suatu blok langsung dihubungkan dengan deretan unit di blok lain sehingga lantai berbagai blok yang saling berhubungan itu menyerupai sirkulasi pada lingkungan kampung,” kata Sandyawan.

Terkait desain kampung susun tersebut, menurut Sandyawan, bangunan itu terdiri dari lima atau enam lantai. Lantai satu dan dua difokuskan untuk ruang komunal dan ruang usaha warga. “Kampung susun merepresentasikan kampung ketimbang rumah, cukup komprehensif, dikelola dengan sistem lebih modern. Misalnya kepemilikan suasana komunalnya besar sekali, lebih pada kebutuhan survival ekonomi,” ujarnya.

Tersedia pula tempat urban farming, sehingga warga yang tinggal di kampung susun tersebut dapat bercocok tanam dan menghasilkan pangan maupun uang dari komoditas yang ditanam. Tak hanya itu, ada pula rumah pemotongan hewan yang modern bagi warga.”Warga Bukit Duri kan banyak usaha potong ayam, tapi ini sistemnya lebih higienis,” kata Sandyawan.

Ini Rancangan Desain Kampung Susun Warga Bukit Duri yang Diajukan ke Gubernur Anies

Ia juga mengatakan, bangungan-bangunan kampung susun ini akan didirikan bukan di bantaran Suangai Ciliwung, melainkan ditengah-tengah permukiman Bukit Duri yang padat. “Ada kok lahan di Bukit Duri Tanjakan,” ujarnya.

Pihaknya tidak menyebutkan berapa luas lahannya. Namun, ia memastikan lahan itu sedang dijual oleh pemiliknya. Ia berharap, uang yang diterima warga dari gugatan bisa digunakan untuk membangun kampun susun alih-alih diberikan langsung ke penggugat.

Seorang Terduga Teroris Kelompok ISIS di Bekasi Dibekuk Densus 88

Sebab, menurut Sandyawan, uang Rp 200 juta yang dimenangkan masing-masing penggugat tak akan cukup untuk membeli rumah di Ibu Kota. Apalagi Bukit Duri yang kini harga tanahnya kian melonjat setelah tidak banjir lagi.

Mari Bagikan :

Pengguna Samsung Galaxy A7 yang juga menjadi kontributor di situs berita Widiynews.com