Home Editor's Picks Jabatan Ketua DPR Setya Novanto Terancam Dicopot, Jika…..

Jabatan Ketua DPR Setya Novanto Terancam Dicopot, Jika…..

Jabatan Ketua DPR Setya Novanto Terancam Dicopot, Jika.....

Berita Terkini. Jabatan Setya Novanto Sebagai Ketua DPR Terancam Dicopot.

WIDIYNEWS.COM – Nasib tersangka kasus dugaan korupsi e-KTP Setya Novanto sebagai anggota dewan dan Ketua DPR RI berada diujung tanduk. Novanto terancam diberhentikan dari jabatannya.

Menurut Ketua Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) Sufmi Dasco Ahmad, pihaknya akan mengumpulkan 10 fraksi di DPR untuk membahas dugaan pelanggaran etik yang telah dilakukan oleh Novanto.

“Ada laporan pelanggaran kode etik terhadap Setya Novanto. Mengenai tidak dapat menjalankan sumpah jabatan dan pencemaran nama baik DPR,” kata Sufmi, Rabu (22/11/2017) seperti dikutip dari Liputan6.com.

Baca Juga: Pasca Gunung Agung Meletus, Hujan Abu Vulkanik Diprediksikan Melanda Bali

Sufmi menambahkan, Novanto baru dapat diberhentikan sebagai Ketua DPR jika sudah terbukti terdakwa dalam kasus yang kini sedang membelitnya. “Kan sudah jelas dalam aturan, kalau terdakwa baru diproses jabatan sebagai Ketua DPR-nya,” tandas Sufmi.

Sebelumnya, Wakil Ketua DPR RI Taufik Kurniawan mengatakan, pimpinan DPR bakal menggelar rapat pimpinan atau rapim. Dalam rapat tersebut, menurut Taufik akan membahas posisi pelaksana tugas (Plt) Ketua DPR.

Baca Juga: Praperadilan Jonru Ginting Ditolak PN Jaksel, Ini Reaksi Pelapor

Seperti diketahui, Setya Novanto kini telah resmi menjadi tahanan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Novanto diduga ikut ambil bagian dalam aliran dana korupsi Kartu Tanda Penduduk (e-KTP).

“Saya jelaskan mekanismenya dan kondisi yang ada, mekanisme bisa dipercepat tapi dengan tidak lepas dari ketentuan Tatib dan UU MD3 (Undang-undang MPR, DPR, DPD dan DPRD), misalnya rapim untuk tentukan Plt pun harus lengkap,” ujar.

Mari Bagikan :