Home Berita Utama Teknologi Inilah 5 Produsen yang Menguasai Pasar Smartphone Indonesia

Inilah 5 Produsen yang Menguasai Pasar Smartphone Indonesia

Inilah 5 Produsen yang Menguasai Pasar Smartphone Indonesia

Inilah 5 Produsen yang Berhasil Menguasai Pasar Smartphone Indonesia, Siapa Saja?

WIDIYNEWS.COM – Perusahaan riset International Data Corporations (IDC) baru-baru ini merilis laporan terbaru hasil pengapalan ponsel smartphone di Indonesia untuk kuartal ketiga 2017.

Menurut laporan IDC, tercatat sekitar 7.2 juta ponsel masuk ke Indonesia. Meski mencatatkan angka yang sama tingginya, namun ternyata jumlah itu mengalami penurunan yang cukup signifikan dibanding kuartal sebelumnya.

Meski demikian, dari hasil laporan dan grafik tersebut dapat diperoleh data bahwa terdapat lima pabrikan ponsel cerdas yang berhasil mengusai pasar smartphone di Tanah Air.

Diurutan pertama, vendor asal Korea, Samsung berhasil menguasai 30 persen pasar Indonesia. Meski masih tetap nomor satu, sebenarnya pangsa pasar Samsung mengalami penurunan secara yera on year, atau pada kuartal yang sama pada tahun sebelumnya, saat mereka berhasil mengusai 32 persen pasar Indonesia.

Diurutan kedua, Oppo nampak berhasil membayang-bayangi sang raja smartphone itu. Oppo berhasil meraih pasar 25.5 persen menurut data IDC. Laporan ini sekaligus menunjukkan penjualan Oppo mengalami peningkatan dibanding kuartal yang sama pada 2016. Dimana saat itu, pabrikan asal Tiongkok ini hanya menguasai 16.7 persen pangsa pasar ponsel Indonesia.

Inilah 5 Produsen yang Menguasai Pasar Smartphone Indonesia

Diurutan ketiga, vendor Advan berhasil menguasai 8.3 persen yang disusul pada posisi berikutnya oleh Vivo 7.5 persen, dan Xiaomi diurutan kelima dengan pangsa pasar 5.2 persen.

Yang cukup mencuri perhatian dari data yang dirilis IDC ini, dimana dapat dilihat bahwa tiga dari lima nama vendor smartphone terbesar di Indonesia saat ini adalah berasal dari China.

Baca Juga: Makin Keren, Facebook Messenger Kini Bisa Berkirim Gambar 4K

Sebaliknya, vendor Lenovo, Smartfren, dan juga Asus yang setahun lalu masih tertera dalam daftar lima besar vendor smartphone di Indonesia saat ini berhasil dilibas oleh ketiganya.

“Vivo dan Xiaomi adalah dua perusahaan asal China yang paling mencuri perhatian di pasar smartphone Indonesia atas raihan pangsa pasarnya. Vivo melanjutkan aktivitas marketingnya yang agresif — sama seperti Oppo,” tulis IDC dalam keterangan persnya.

Dan yang lebih menarik, Selain Samsung meski pasar Indonesia kini berhasil dikuasai oleh tiga nama vendor asal China, Advan menjadi satu-satunya produsen lokal yang berhasil melibas ketiga-tiganya. Hal ini terbukti dari jumlah pengapalan ponsel menurut IDC.

Menarik Lainnya: Samsung Galaxy S9 Siap Melenggang Awal 2018?

Mari Bagikan :

Pengguna Samsung Galaxy A7 yang juga menjadi kontributor di situs berita Widiynews.com