Home News Berita Internasional Terkini Pemerintah Arab Saudi Keluarkan Aturan Larangan Foto Selfie di Depan Masjid Nabawi...

Pemerintah Arab Saudi Keluarkan Aturan Larangan Foto Selfie di Depan Masjid Nabawi dan Masjidil Haram

Pemerintah Arab Saudi Keluarkan Aturan Larangan Foto Selfie di Depan Masjid Nabawi dan Masjidil Haram

Pemerintah Arab Saudi Larang Foto Selfie di Depan Masjid Nabawi dan Masjidil Haram

WIDIYNEWS.COM – Pemerintah Arab Saudi berencana mengirimkan surat diplomatik kepada seluruh negara penyelenggara haji terkait larangan berswafoto atau foto selfie didepan Masjid Nabadi dan Masjidil Haram.

Surat diplomatik yang dikirim oleh Menteri Haji dan Umrah Saudi Mohammed Saleh bin Taher Benten itu berisikan larangan tidak hanya untuk jamaah yang berfoto menggunakan ponsel cerdas, tapi juga bagi mereka yang mengambil gambar dengan kamera, perekam video, atau kamera televisi.

Pemerintah setempat menilai, kesucian kedua tempat ibadah tersebut sangat perlu dijaga. Jika ditemukan adanya pelanggaran, maka aparat setempat tidak akan segan mengambil langkah tegas, dari menghapus film atau gambar di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi.

Pemerintah Arab Saudi berharap, seluruh jamaah haji dan umrah taat dan tunduk terhadap aturan baru yang berlaku ini.

“Pihak penanggung jawab urusan haji di negara masing-masing diimbau memberikan pemahaman kepada para calon jamaah agar tidak melakukan perbuatan yang vulgar atau bersenda gurau ketika melaksanakan ibadah dan pentingnya menghargai perasaan orang lain di dua masjid tersebut,” ujar Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Arab Saudi dalam nota diplomatiknya bernomor 270 tersebut.

Dalam surat berkop Kemlu Arab Saudi tertanggal 15 November 2017 itu, juga dinyatakan bahwa larangan ini diberlakukan karena makin tak terkendalinya jamaah haji yang melakukan selfie ataupun berfoto bersama (wefie) di masjid suci.

Aktivitas itu dikhawatirkan akan mengganggu kekhusyuk an jamaah lain yang sedang me nunaikan ibadah fardhu atau sunah. Saudi meminta para penanggung jawab urusan haji di negara-negara asal jamaah untuk secepatnya memberikan penyuluhan kepada calon jamaah haji yang akan berangkat pada 2018.