Home Berita Utama Teknologi Cara Baru! Dengan Bahan Baterai Ini, Charger HP Cukup 12 Menit !

Cara Baru! Dengan Bahan Baterai Ini, Charger HP Cukup 12 Menit !

Cara Baru! Dengan Bahan Baterai Ini, Charger HP Cukup 12 Menit !

WIDIYNEWS.COM – Tidak bisa dipungkiri, salah satu masalah yang kerap menghantui para pengguna smartphone adalah borosnya daya baterai. Meski sudah dioptimalkan menggunakan berbagai cara, namun tetap saja borosnya baterai menjadi masalah utama penggunaan smartphone saat ini.

Tak heran, jika saat ini banyak produsen smartphone merilis smartphone dengan dibekali baterai super besar. Hal ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan pengguna agar smartphone tetap dapat digunakan meski seharian penuh digunakan secara nontstop.

Alih-alih dibekali baterai bongsor, salah satu kendala utama yang kerap dikeluhkan oleh pengguna smartphone adalah lamanya proses charging. Ya, hal ini dikarena kapasitasnya yang besar sehingga memakan waktu yang sedikit lebih lama dibanding smartphone dengan baterai kapasitas kecil.

Meski demikian, saat ini sudah banyak smartphone dengan baterai besar dan dibekali teknologi atau fitur pengisian cepat. Sehingga, meski kapasitasnya besar dapat terisi dengan cepat. Lantas bagaimana dengan smartphone yang tidak dibekali dengan fitur tersebut. Tentu saja saat ini masih banyak dan dijual dipasaran.

Menunggu baterai terisi penuh memang sangat membosankan. Bahkan, sering kali kita lupa mencabut charger karena ketiduran dimalam hari. Hal ini tentu dapat merusak smartphone kesayangan kita.

Nampaknya, persoalan mencabut charger dan lamanya proses pengisian baterai ini akan segera berakhir. Sebab, baru-baru ini sebuah perusahaan teknologi berhasil menemukan sebuah cara baru untuk membuat proses pengisian menjadi lebih cepat dari biasanya.

Seperti dilansir dari laman CNBC, Rabu (29/11/2017), tim peneliti di Samsung Advanced Institue of Technology (SAIT) mengklaim berhasil menemukan graphene ball, yakni sebuah bahan unik untuk baterai.

Menurut tim peneliti, dengan bahan ini, proses pengisian baterai bakal menjadi 5 kali lebih cepat daripada pengisian baterai lithium ion (Li-ion) biasa.

Baca Juga: Belum Genap Satu Bulan, 15 Juta iPhone X Ludes Terjual

Saking cepatnya, waktu yang dibutuhkan untuk pengisian baterai hingga penuh hanya membutuhkan waktu 12 menit saja.

Menurut informasi. grapehene merupakan materi paling tipis di dunia dan disebut-sebut material ini 200 kali lebih kuat daripada baja, transparan, dan paling konduktif.

Perusahaan teknologi raksasa Samsung pun dikabarkan bakal menggunakan bahan tersebut untuk next generation kendaraan listrik dan baterai smartphone mereka.

Selain membuat proses pengisian menjadi lebih cepat, bahan ini juga diklaim dapat menjaga suhu menjadi lebih stabil diangka 60 derajat celcius.

“Pada saat yang sama, kami dapat meningkatkan kemampuan baterai li-ion untuk mobile dan kendaraan listrik berkembang dengan cepat,” ujar pemimpin SAIT, Son In Hyuk.

Baca Juga: Tips Jitu Membuat Baterai Smartphone Jadi Lebih Hemat

Mari Bagikan :

Pengguna Samsung Galaxy A7 yang juga menjadi kontributor di situs berita Widiynews.com