Ini Dia 4 Momen Ramadhan Yang Akan Membuat Kamu Rindu Kampung Halaman

    Widiynews.com – Berada jauh dari kampung halaman saat Ramadhan menjadikan ramadhan menjadi bulan penuh perjuangan. Kok bisa? Bagi kamu yang berada jauh dari kampung halaman, jauh dari keluarga tercinta atau orang-orang terkasih dan jauh dari suasana rumah karena menuntut ilmu dan mencari pundi-pundi rupiah di luar kota atau luar negeri, setidaknya kamu akan merasakan bagaimana rasanya serta makna perjuangan di bulan ramadhan.

    Bulan ramadhan tidak hanya menahan lapar dan dahaga, justru ketika berada di posisi seperti ini kamu akan merasakan bagaimana nikmatnya berjuang menahan rindu untuk bisa merasakan suasana ramadhan di kampung halaman. Berdasarkan pengalaman pribadi dan sharing dari kawan-kawan, setidaknya 4 hal ini adalah hal utama yang sering kali dirindukan dari kampung halaman saat ramadhan.

    Masakan Emak (Ibu)

    Masakan emak (Ibu) enaknya memang tiada duanya, terlebih bagi kamu yang sedang menuntut ilmu dan bekerja sementara kamu masih single atau belum berumah tangga, satu hal yang sering kali akan kamu rindukan dari kampung halaman saat Ramadan adalah menu buka puasa dan sahur yang dibuat oleh ibu. Saking rindunya, rasanya seperti tak ada menu buka puasa dan menu sahur yang lebih nikmat serta lezat dari masakan ibu di kampung halaman di tempat kamu saat ini berada.

    Suasana Menanti Buka Puasa

    Berbeda dengan dikota, di setiap daerah atau tempat punya cara khusus untuk menyambut ramadhan dan memeriahkan ramadhan. Tidak hanya momen ramadhan saja, yang namanya dikampung ada banyak kegiatan, permainan yang terlihat sangat sederhana tapi membuat hati damai dan tentram. Dan itulah yang membuat kadang sulit sekali melupakan masa kecil bersama teman-teman selama dikampung halaman.

    Meski aktivitas dari anak-anak ini terbilang sangat biasa dan tak ada yang istimewa, sadar atau tidak saat kamu berada jauh dari kampung halaman kamu akan merindukan keceriaan mereka. Apalagi, jika saat jauh dari kampung halaman tersebut kamu begitu sibuk dengan aktivitasmu di kampus juga di tempat kerja dan kamu jarang sekali melihat keceriaan yang tulus dari anak-anak di sekitar kamu.

    Suasana Rumah

    Menjalankan ibadah puasa di rumah bersama orang tua dan keluarga besar tercinta tentu sangat menyenangkan dan memiliki rasa tersendiri. Tapi, rasa ini tentu akan hilang saat kamu menjalankan ibadah puasa di tempat yang jauh dari rumah, jauh dari orang tua dan jauh dari keluarga tercinta.

    Rasa yang berbeda ini bahkan akan semakin bikin baper jika kamu menyadari bahwa Ramadhan ini kamu tak lagi bisa makan apa saja yang dimasak ibu. Melainkan, di tempat yang jauh dari rumah ini kamu dituntut untuk berpikir dan mencari sendiri menu apa untuk buka dan sahur hari ini. Sadar atau tidak, kamu pasti akan merindukan suasana rumah meski itu adalah hal-hal yang sangat kecil dan sederhana sekalipun.

    Meriahnya Suasana Kampung Halaman

    Menyambut Ramadan tentu merupakan suatu hal yang sangat mengesankan dan tak bisa dilupakan begitu saja ketika berada di kampung. Suara anak-anak yang fasih membaca Al-Quran bersemangat tadarus di masjid terdekat saat subuh, selepas tarawih juga sebelum berbuka, berangkat bersama para tetangga untuk pergi ke masjid untuk menunaikan salat tarawih juga meriahnya suara anak-anak muda yang keliling kampung membangunkan sahur, tidak jarang hal ini akan membuatmu begitu rindu dengan kampung halaman.

    Itulah beberapa hal yang seringkali membuat seseorang merindukan kampung halaman saat Ramadan sementara ia berada jauh di tanah rantau. Meski rasa rindu itu menggebu-gebu dan sering kali membuat pilu, untuk mengurangi rindu tersebut dan jadikan Ramadan semakin berkah, usahakan agar tetap sabar, tenang dan perbanyak melakukan ibadah di bulan Ramadan.