Home Resep Resep Puding Agar Agar Lapis Busa Coklat Kenyal dan Segar

Resep Puding Agar Agar Lapis Busa Coklat Kenyal dan Segar

Resep Puding Agar Agar Lapis Busa Coklat Kenyal dan Segar – Selain puding, agar agar juga bisa kalian jadikan camilan menyegarkan ketika panas terik disiang hari. Dan salah satunya adalah agar-agar berlapis busa coklat yang akan kami sajikan pada resep kali ini. Agar-agar berlapis coklat ini juga bisa kalian jadikan hidangan spesial untuk seseorang atau ketika ada tamu serta sanak saudara berkunjung kerumah.

Teksturnya yang lembut tentu tidak hanya membuat seseorang menyukai resep agar-agar ini. Lebih dari itu, agar agar lapis busa coklat ini juga sangat menyegarkan dan menyehatkan. Terlebih, varian rasa coklat juga menjadi salah satu primadona rasa agar-agar yang banyak disukai kalangan anak-anak dan dewasa. Sehingga tidak heran, jika rasa coklat menjadi salah satu referensi varian rasa puding dan agar-agar terbaik.

Resep Membuat Agar-agar Lapis Busa Coklat

Jika selama ini puding lebih banyak didominasi dengan varian rasa, maka siapa sangka jika agar agar pun bisa diolah dengan varian rasa baru yang menyegarkan. Salah satu bahan yang tidak boleh dilupakan adalah susu cair serta putih telur. Melalui kedua bahan ini, anak-anak dan keluarga dirumah bisa mendapatkan manfaat kesehatan melalui kandungan gizi dan vitamin dari keduanya.

Cara Membuat Agar Agar Lapis Busa Coklat

Cara membuat agar agar lapis busa coklat ternyata tidaklah sesulit yang dibayangkan oleh kebanyakan orang. Setelah kalian menyiapkan semua bahan-bahan yang dibutuhkan, maka kalian hanya tinggal mengikuti saja langkah-langkah yang telah kami sediakan dibawah ini. Berikut cara membuat agar agar lapis busa coklat dari kami.

Bahan :

  • Agar-agar serbuk rasa cokelat sebanyak 1 bungkus (varian rasa dapat diganti dengan yang lain)
  • Susu cair sebanyak 400 ml
  • Cokelat serbuk sebanyak 15 gram
  • Putih telur dari 3 butir telur
  • Gula pasir sebanyak 35 gram (bagian 1)
  • Gula pasir sebanyak 60 gram (bagian 2)
  • Garam sebanyak 1/8 sendok teh

Bahan lapisan agar-agar :

  • Agar-agar serbuk rasa cokelat sebanyak 1 bungkus (varian rasa dapat diganti dengan yang lain)
  • Susu cair sebanyak 400 ml
  • Kuning telur sebanyak 1 butir
  • Gula pasir sebanyak 125 gram
  • Pasta rasa cokelat sebanyak ¼ sendok teh

Cara membuat agar agar lapis busa cokelat :

  1. Campurkan semua bahan-bahan agar lapisan busa pertama tadi seperti susu cair, cokelat serbuk, agar-agar serbuk, dan gula pasir bagian 1 (35 gr). Aduk terus adonan secara perlahan hingga mendidih, kemudian angkat dan sisihkan terlebih dahulu.
  2. Setelah itu, kocok lepas putih telur bersama dengan garam hingga setengah mengembang kemudian masukan gula bagian 2 (60 gr) dan kocok kembali hingga mengembang berbusa dan kaku.
  3. Tuangkan adonan rebusan agar-agar pertama tadi kedalam kocokan telur sedikit demi sedikit, lalu aduk hingga semua bahan tercampur rata.
  4. Siapkan sebuah loyang kemudian basahi dengan air terlebih dahulu, setelah itu tuangkan seluruh adonan tadi ke dalam loyang dan biarkan hingga setengah membeku.
  5. Sementara itu, buatlah bahan lapisan agar-agar selanjutnya dengan merebus terlebih dahulu susu cair, agar-agar serbuk, dan gula pasir. Aduk perlahan hingga gula larut dan susu mendidih, kemudian angkat lalu campurkan sedikit adonan susu tersebut dengan kuning telur.
  6. Aduk hingga semuanya tercampur rata kemudian campurkan kembali pada adonan susu dan aduk hingga semua bahan tercampur rata.
  7. Didihkan kembali adonan agar-agar tersebut sambil di aduk perlahan, kemudian masukan pasta cokelat dan aduk kembali hingga semua bahan tercampur rata.
  8. Angkat kemudian aduk perlahan hingga uapnya menghilang, setelah itu tuangkan adonan agar-agar tersebut hingga habis ke dalam loyang yang sudah terdapat lapisan agar busanya.
  9. Diamkan terlebih dahulu kemudian dapat dimasukan ke dalam lemari es jika ingin dihidangkan lebih dingin.

Tara….akhirnya agar agar lapis busa coklat sudah bisa dinikmati. Untuk menambah kreasi, misalnya kalian ingin membuat agar-agar tersebut berlapis-lapis, maka kalian hanya perlu menuangkan agar-agar dan agar-agar busa secara bergantian sesuai selera kalian sendiri. Setelah itu, kalian tinggal mengikuti saja langkah-langkah selanjutnya diatas. Bagaimana? Mudah bukan membuat agar-agar berlapis busa ini. Selamat mencoba dan selamat menikmati ya…Jangan lupa simak juga resep cara membuat puding vla rasa coklat sehat dan menyegarkan telah kami bagikan sebelumnya. Terima kasih.

Mari Bagikan :

Pengguna Samsung Galaxy A7 yang juga menjadi kontributor di situs berita Widiynews.com