Home News Peristiwa Berita Terkini: Komentar Menag Lukman Terkait Kasus Penistaan Agama Ahok

Berita Terkini: Komentar Menag Lukman Terkait Kasus Penistaan Agama Ahok

Komentar Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin Terkait Kasus Penistaan Agama Ahok

Widiynews.com – Menteri Agama Lukam Hakim Saifuddin pun memberikan komentar terkait dugaan adanya penistaan agama yang menjerat Gubernur nonaktif DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Menurut Lukman, sebaiknya yang bersangkutan dibawa ke polisi. Sehingga nanti pihak berwajiblah yang menentukan apakah Ahok memang benar-benar melakukan penistaan agama atau tidak.

“Yang paling bijak tentang kasus ini adalah bawa saja ke hukum, biarkan hukum yang menentukan” kata Lukman dalam sebuah acara Talkshow Mata Najwa, Jakarta, Rabu (2/11/2016)

Aksi demo pada 4 November 2016 nanti yang dilakukan oleh sejumlah ormas keagamaan adalah upaya untuk mendapatkan garansi dari pemerintah bahwa serius membawa dugaan penistaan agama ini ke jalur hukum.

Lukman juga mengatakan bahwa kasus dugaan penistaan agama ini bisa membesar karena terjadi dimasyarakat Indonesia yang agamis. Sehingga ucapan yang membawa-bawa agama digunakan secara konfrontif oleh pihak-pihak tertentu.

Sementara itu, Ketua Umum PBNU Said Aqil Sirodj mengatakan, yang namanya penistaan agama tidak hanya ucapan, tapi juga perbuatan yang bertentangan dan membawa nama-nama agama. Seperti halnya dilakukan oleh ISIS yang membunuh perempuan, anak-anak, dan orang-orang tidak bersalah.

Dia pun menilai, ucapan Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok mengenai surat Al Maidah itu menyinggung perasaaan. “Karena yang ngomong bukan orang Islam dan bukan bidangnya,” kata Said.

Wakapolri Komjen Syafrudin di Istana Kepresidenan, Rabu 2 November menyatakan, proses hukum kasus dugaan penistaan agama Ahok, sudah berjalan. Prosesnya sekarang dalam pemeriksaan saksi-saksi. (lr/wn)