Home News Peristiwa Berita Terbaru Hari Ini. 1000 Lebih Kios di Pasar Senen Terbakar, AHOK:...

Berita Terbaru Hari Ini. 1000 Lebih Kios di Pasar Senen Terbakar, AHOK: Harusnya Dibangun Ulang Semua

Berita Terbaru Hari Ini. 1000 Lebih Kios di Pasar Senen Terbakar, AHOK : Harusnya Dibangun Ulang Semua. Duka yang mendalam menyelimuti para pedagang di Pasar Senen, Jakarta Pusat. Ribuan kios terbakar hampir bersama seluruh isi-isinya. Tangis pilu disertai kepanikan para pemilik kios membayangi insiden kebakaran tersebut. Hingga kini, proses pemadaman api di Pasar Senen masih terus dilakukan.

Sudah hampir selama sembilan jam sejak kebakaran pertama kali dilaporkan pada Kamis (19/1/2017) dini hari, para petugas pemadam masih berjibaku memadamkan api yang belum juga kunjung padam. Dari hasil pantauan dilokasi, setidaknya ada 50 unit mobil pemadam yang sudah dikerahkan.

Tercatat ada 1012 kios di Pasar Senen ludes terbakar akibat kebakaran pagi ini. Insiden ini pun mendapat banyak perhatian, salah satunya dari Calon Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok. Menurutnya, Pasar Senen perlu dibangun ulang dan pedagang mendapat pinjaman dengan bunga murah. “Harusnya bangun ulang semua. Yang PD Pasar Jaya dengan harga terjangkau,” kata Ahok seperti dikutip dari laman Detik.com dan dihimpun Widiynews.com .

Ahok menerangkan, pedagang Pasar Senen yang kehilangan kios dan barang dagangan membutuhkan banyak bantuan. Bantuan itu bisa melalui pinjaman modal dari Bank DKI. “Bank DKI harusnya bisa berikan tambahan pinjaman modal ke para pedagang yang mengalami musibah dengan bunga semurahnya. Dengan jaminan tempat usaha. Bisa kerjasama dengan Pasar Jaya. Itu harapan saya,” ungkap Ahok.

Berita Terbaru Hari Ini. 1000 Lebih Kios di Pasar Senen Terbakar, AHOK: Harusnya Dibangun Ulang Semua
Copyrigt©tempo.co

Diketahui, bagian pasar yang terbakar adalah Blok 1 dan 2 mulai lantai 1 sampai lantai 4. Asap juga masih terlihat membubung. Terlihat, ada beberapa pedagang yang mencoba merangsek masuk ke dalam area pasar yang terbakar untuk mencoba menyelamatkan barang-barang dagangan. Akan tetapi, aksi warga yang nekat masuk itu berhasil dicegah oleh petugas pemadam kebakaran. Menurut keterangan para petugas, masih terdapat beberapa titik api yang belum berhasil dipadamkan.

Selain menyemprot api memakai selang, pemadam mencoba mendekat ke titik api dengan menggunakan tangga. Dari bagian luar terlihat sisa-sisa barang dagangan yang dibakar api. Sementara dinding kios hangus terbakar. Sementara itu, lalu lintas di sekitar lokasi masih terpantau padat. Petugas Polantas terus mengatur arus lalu lintas di sekitar Pasar Senen.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta menyatakan ada 1.012 kios di Pasar Senen yang terbakar. Pemkot Jakarta Pusat pun akan membahas penyiapan lokasi penampungan para pedagang. “Habis ini saya akan bertemu dengan pengelola untuk menentukan tempat penampungan pedagang,” ujar Wali Kota Jakarta Pusat Mangara Pardede kepada wartawan saat meninjau lokasi kebakaran di Pasar Senen, Kamis (19/1).