Home News Peristiwa Berita Terkini Hari Ini. Tim Ahok Laporkan Ketua FPI Jakarta ke Polisi,...

Berita Terkini Hari Ini. Tim Ahok Laporkan Ketua FPI Jakarta ke Polisi, Diduga Beri Keterangan Palsu

Berita Terkini Hari Ini. Tim Ahok Laporkan Ketua FPI Jakarta ke Polisi, Diduga Beri Keterangan Palsu. Tim Kuasa Hukum Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, Rolas Sitinjak melaporkan Ketua ormas Front Pembela Islam (FPI) DKI Jakarta Muchsin Alatas ke Polda Metro Jaya.

Menurut keterangan Rolas, Muchsin diduga telah memberikan keterangan palsu saat menjadi saksi pelapor kasus dugaan penistaan agama terhadap Ahok. Kesaksian itu diberikan saat sidang 3 Januari 2017 lalu di Gedung Kementen.

“Beliau (Muchsin) mengatakan ketika klien kami, Pak Ahok melakukan pidato pada 27 September, dia dapat ribuan telepon dan pesan singkat yang menyatakan bahwa telah terjadi penistaan agama atas pidatonya Pak Ahok,” kata Rolas.

“Pertama dia menyatakan mengatasnamakan 39 ormas, dia tidak bisa buktikan. Kemudian dia bilang di SMS dan ditelepon oleh ribuan orang dari Pulau Seribu dia tidak bisa buktikan juga,” lanjut Rolas.

Beberapa bukti yang diserahkan ke polisi oleh Rolas dan Tim Pengacara adalah rekaman selama sidang, transkrip jalannya persidangan, dan kliping berita-berita yang sudah beredar. Rolas juga menyiapkan 3 saksi untuk mengatakan laporan.

Rolas mengatakan, setelah Muchsin didesak menunjukkan bukti panggilan telepon dan pesan singkat itu, yang bersangkutan malah mengelak. Muchsin mengaku, rekaman panggilan telepon dan pesan singkat di telepon genggamnya telah dihapus.

Menurut Rolas, Muchsin disangkakan dengan Pasal 310 KUHP dan atau Pasal 311 KUHP, dan atau Pasal 316 KUHP, dan atau Pasal 242 KUHP tentang Pencemaran Nama Baik, atau Fitnah, dan atau Memberikan Keterangan Palsu di Bawah Sumpah.

“Di Pasal 316-nya pemberatan karena Pak Ahok ke sana (Pulau Seribu) saat menjabat sebagai kepala daerah,” ujar Rolas.

Rolas mengatakan, laporan tersebut diterima Polda Metro Jaya dalam surat bernomor LP/390/I/2017/PMJ/Ditreskrimum, pada tanggal 23 Januari 2017. Dalam laporan tercantum pelapor atas nama Pahrozi selaku advokat, sedangkan terlapor adalah Habib Muchsin Alatas alias Habib Muchsin.

Sebelumnya, tim kuasa hukum Ahok juga telah melaporkan Sekjen FPI cabang Jakarta Novel Chaidir Hasan. Sama seperti Muchsin, Novel dilaporkan atas dugaan fitnah.

Rolas mengatakan, pelaporan terhadap Novel terkait pernyataannya saat bersaksi dalam sidang kasus dugaan penistaan agama. Novel dinilai telah mengucapkan hal yang tidak termasuk dalam berkas acara pemeriksaan saksi.

Mari Bagikan :