Home News Peristiwa Berita Terkini. Saksi Pelapor Ahok Jangan Lempar Batu Sembunyi Tangan

Berita Terkini. Saksi Pelapor Ahok Jangan Lempar Batu Sembunyi Tangan

Berita Terkini. Saksi Pelapor Ahok Jangan Lempar Batu Sembunyi Tangan. Tim kuasa hukum Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok menyebut ketiga saksi pelapor harus hadir di persidangan lanjutan kasus penistaan agama di gedung Kementerian Pertanian, Ragunan, Jakarta Selatan, hari ini.

“Jangan tidak hadir lagi, karena saksi pelapor itu penting didengarkan. Kan sudah melaporkan, dia enggak bisa lempar batu sembunyi tangan,” ujar Sirra Prayuna hari ini Selasa (24/1/2017).

Majelis hakim menunda sidang lanjutan kasus penistaan agama di Gedung Kementerian Pertanian, Selasa pekan lalu lantaran tiga saksi yang dipanggil jaksa penuntut umum tidak hadir. Mereka adalah Ibnu Baskoro, Muhammad Asroi Saputra, dan Iman Sudirman.

Jaksa menyiapkan dua saksi cadangan untuk menggantikan saksi yang tidak datang, yaitu Yulihardi dan Nur Cholis. Namun, tim kuasa hukum Ahok merasa keberatan lantaran tak ada koordinasi sebelumnya jika saksi akan diganti. (Baca: Tim Ahok Laporkan Ketua FPI Jakarta ke Polisi, Diduga Beri Keterangan Palsu)

Ketika itu, anggota tim kuasa hukum Ahok, Humprhey R. Djemat menyesalkan ketidakhadiran ketiga saksi tersebut. Dia mengungkapkan, majelis hakim punya kewenangan untuk memerintahkan jaksa penuntut umum (JPU) menghadirkan ketiganya. Jika perlu lakukan upaya paksa.

Sirra menjelaskan, keharusan untuk saksi pelapor hadir di tengah persidangan untuk dimintai keterangannya diatur dalam KUHAP.

“Karena bagaimana pun keterangannya penting untuk kita dengarkan. Kalau hari ini tidak hadir lagi kami akan mengeluarkan sikap,” terang dia.