Google Peringati Hari Ulang Tahun Tanam Nasional Komodo ke-37 Lewat Doodle!

Google Peringati Hari Ulang Tahun Tanam Nasional Komodo ke-37 Lewat Doodle!

Google Peringati Hari Ulang Tahun Tanam Nasional Komodo ke-37 Lewat Doodle!. Senin (6/3) hari ini, Taman Nasional Komodo genap berusia 37 tahun. Menurut Wikipedia, Taman Komodo adalah sebuah taman nasional yang berada di Kepulauan Sunda di wilayah perbatasan antara provinsi Nusa Tenggara dan Nusa Tenggara Barat. Taman ini mencakup tiga pula besar Komodo, yakni Padar dan Rinca serta 26 pulau yang lebih kecil.

Google Peringati Hari Ulang Tahun Tanam Nasional Komodo ke-37 Lewat Doodle!

Taman Nasional  Komodo ini didirikan pada tahun 1980 untuk melindungi kadal terbesar didunia itu. Kemudian didesikan untuk melindungi spesies lain, termasuk spesies laut. Pada tahun 1991 taman nasional ini dinyatakan sebagai Situs Warisan Dunia oleh Unesco. Tak hanya itu, Taman Nasional Komodo juga terpilih menjadi salah satu dari 7 Keajaiban Dunia.

Sebagai perusahaan raksasa didunia, Google pun ikut merayakan hari ulang Tahun Taman Komodo yang menginjak usia ke-37 tahun yang ditampilkan melalui Doodle yang sangat unik. Doodle menampilkan gambar kartun komodo yang sedang tidur. Ketika di klik, sebuah animasi unik berisikan kuis sekaligus informatif.

“Seberapa banyak yang Anda ketahui tentang komodo? tanya Google. Selanjutnya, pertanyaan-pertanyaan akan mulai bergulir untuk menguji seberapa banyak pengetahuan Anda. Kuis singkat dengan tipe jawaban “Benar atau Salah” ini berisi lima pertanyaan seputar Komodo. Skor pengguna ini akan ditampilkan usai pertanyaan terakhir.

Setelah itu, kita akan diajak untuk menelusuri informasi lebih jauh mengenai reptil terbesar didunia itu. Ada sejumlah pertanyaan lanjutan yang dberikan untuk menggelitik rasa penasaran, seperti “Berapa cepat Komodo dapat berlari?” dan “Berapa berat Komodo?”.

 

Saat diklik, pengguna akan dibawa ke laman hasil Google search berisi jawaban dari pertanyaan terkait. Komodo di Taman Nasional hanya berjumlah sekitar 3.000 ekor sehingga berstatus rentan punah. Habitatnya tersebar di empat pulau besar di Taman Nasional Komodo, kecuali Pulau Padar.

Meskipun Taman Nasional Komodo diciptakan untuk melindungi kehidupan 5700 ekor komodo yang menyebutnya rumah, ruang lingkup taman kini telah diperluas untuk satwa liar asli lainnya.

Selain rusa timor, yang merupakan sumber utama makanan bagi komodo, pulau ini juga merupakan habitat bagi 72 spesies burung, seperti kakatua jambul kuning. Terdapat pula ribuan spesies ikan di perairan sekitarnya, serta kura-kura laut, lumba-lumba, dan paus.