Perut Bermasalah Saat Berpuasa? Coba Hindari 7 Makanan Ini !

Perut Bermasalah Saat Berpuasa? Coba Hindari 7 Makanan Ini !

Widiynews.com – Saat berpuasa, masalah perut bisa mengganggu konsentrasi dan tentunya menjalankan ibadah puasa saat Ramadhan pun menjadi kurang nyaman. Ada banyak hal yang memicu masalah perut, bisa saja seperti diare, atau sembelit.

Jika kamu salah satu yang mengalami masalah tersebut saat berpuasa, ada baiknya kamu hindari 7 makanan yang ternyata mampu memicu masalah seperti sakit perut, diare, atau sembelit saat menjalankan ibadah puasa.

Apa saja? Simak daftar ke-7 makanan tersebut dibawah ini yuk.

Makanan pedas

Sudah tahu perut bermasalah justru makan pedas? Kamu hanya cari masalah. Sakit perut akan makin parah karena efek capsaicin yang panas di dalam pencernaan.

Makanan asam

Makanan semacam jeruk, tomat, lemon dan lainnya yang bersifat asam tak baik dimakan. Lambung sudah asam ditambah asam dari makanan, sakit perut akan lebih parah. Hindari juga minuman bersoda atau berkarbonasi.

Susu & produk olahannya

Gula laktosa dalam susu sulit dicerna, dan jika usus sedang tidak dalam kondisi fit, pencernaan justru akan memburuk. Kamu akan mengalami kembung dan diare lebih parah.

Makanan berlemak

Mentega, daging-dagingan dan berbagai makanan bersantan adalah beberapa yang harus kamu hindari jika sembelit maupun diare.

Gorengan

Meski kebanyakan orang tak berpengaruh makan gorengan saat sakit perut, tapi beberapa orang sangat sensitif dengan makanan goreng-gorengan. Jika kamu salah satunya, maka hindari dulu ya.

Kopi

Kopi bukan hanya bisa bikin kembung, tapi juga memperparah diare.

Terlalu manis dan asin

Kamu butuh makanan yang agak hambar untuk menetralisir keadaan perut. Jadi hindari makanan yang terlalu manis dan asin.

Makanan yang perlu kamu perbanyak adalah makanan berserat seperti buah dan sayur, yang mudah dicerna seperti roti, nasi dan kentang serta makanan yang dimasak dengan cara dikukus, dipanggang atau direbus.