Tips Puasa Ramadhan: Ingin Puasa Ramadhan Anda Maksimal? Perhatikan 4 Hal Penting Ini !

Ingin Puasa Ramadhan Anda Maksimal? Perhatikan 4 Hal Penting Ini !

Widiynews.com – Selama Ramadhan, tentu kita semua ingin menjalankan ibadah puasa dengan maksimal. Supaya nilai ibadah kita pun dapat sempurna dihadapan Allah SWT. Puasa juga harus dilakuakn dengan sehat. Jika tidak, puasa dapat melemahkan tubuh dan membahayakan kesehatan.

Sebaliknya, jika kita lakukan dengan sehat makan manfaat ibadah puasa secara psikis dan fisik bisa kita dapatkan. Untuk mendapat manfaat puasa secara maksimal, terlebih dahulu Anda harus memperhatikanĀ 4 hal penting dibawah ini. Apa saja? Yuk cek dibawah ini.

Kondisi fisik atau kesehatan Anda

Puasa memang memiliki beragam manfaat bagi kesehatan. Tapi, puasa juga dapat berbahaya jika dilakukan dalam kondisi tubuh yang tidak sehat seperti sedang demam, anemia, memiliki gangguan fungsi ginjal, diabetes, memiliki gangguan fungsi kekebalan tubuh, kondisi tertentu seperti ibu hamil dan sedang menyusui.

Ada baiknya, sebelumnya Anda memutuskan untuk berpuasa, cek kembali kesehatan Anda dan konsultasilah kepada dokter.

Buka dan sahur dengan menu sehat

Hal yang sangat penting saat berpuasa adalah memilih menu makan sahur yang tepat. Sehingga makanan yang kita makan saat sahur dapat memberikan energi maksimal sehingga kita bisa puasa tanpa merasa terganggu karena mengantuk atau lemas.

Selain itu, berpukalah dengan menu makanan yang dapat mengembalikan cadangan energi yang terkuras selama berpuasa.

Pastikan kecukupan cairan tubuh terjaga dengan baik

Saat berbuka, jangan lupa mengonsumsi air atau jus buah untuk menjaga kelembapan kulit dan terhindar dari dehidrasi. Hal ini dilakukan untuk menyedikan kembali kebutuhan cairan dalam tubuh agar lancar dalam beraktivitas di esok harinya.

Cukupi olahraga

Olahraga dapat menjaga dan membantu sirkulasi kerja oksigen yang mengalir dalam tubuh kita. Cukup lakukan olahraga ringan sehingga kebugaran dan kesehatan tubuh Anda tetap terjaga saat berpuasa.

Selamat mencoba, semoga puasa Anda berjalan dengan lancar. Puasa lancar ibadah pun berjalan dengan baik.