Parah! Bukan Cuma Buku Panduan, TV Malaysia Juga Salah Pasang Bendera 8 Negara Ini di SEA Games 2017

WIDIYNEWS.COM – Lagi-lagi sang tuan rumah penyelenggara SEA Games 2017 menjadi sorotan publik. Setelah sebelumnya muncul sederatan bukti kecurangan yang dilakukan Malaysia terhadap atlet peserta perlombaan. Malaysia juga pernah melakukan kesalahan dalam mencetak lambang negara Indonesia pada buku panduan.

Dalam buku tercetak, lambang Indonesia dicetak terbalik sehingga menjadi berwarna putih merah. Tak hanya di buku acara yang diedarkan dan koran-koran, tetapi juga diberbagai media informasi bendera merah putih dipasang terbalik.

Dan ternyata, insiden bendera terbalik pada ajang SEA Games Malaysia 2017 tak hanya pada buku panduan saja. Terbukti, salah satu televisi nasional negeri jiran itu juga melakukan kesalahan serupa.

Seperti diberitakan AsiaOne, Senin (28/7/2017), kesalahan itu terjadai pada segmen berita hari Kamis malam dan Jumat malam pekan lalu. Parahnya lagi, tidak hanya Indonesia saja, banyak bendera yang tertukar dalam tayangan berita tersebut.

Loading...

Setidaknya, ada delapan bendera dari sebelas negara yang ikut berpartisipasi dalam pesta olahraga itu. Diantaranya, bendera Vietnam, Singapura, Thailand, Myanmar, Indonesia, Kamboja, Filipina, dan juga Laos, saling tertukar.

Potongan tayangan berita itu pun mendadak jadi viral dimana-mana. Tak sedikit pengguna media sosial yang kecewa atas kesalahan ini dan menganggap ini bukanlah kesalahan biasa. Sebab, ini kedua kalinya melakukan kesalahan dalam penggunaan lambang negara.

Menanggapi hal tersebut, Direktur Jenderal Pemberitaan Nasional Radio Televisyen Malaysia (RTM), Datuk Abu Bakar Ab Rahim berdalih ini adalah kesalahan level produksi saat mereka berusaha memperbarui perolehan medali SEA Games.

“Kami akan melakukan tindakan untuk mencegah kejadian serupa terulang kembali,” tutur Abu Bakar, dikutip laman The Star.

“Kesalahan penataan bendera ada di mana-mana,” tulis salah satu pengguna media sosial.

Berita Terkait

KONTEN BERSPONSOR

Loading...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Advertisements fund this website. Please disable your adblocking software or whitelist our website. Thank You!