Projo: Jangan Jadikan Tragedi Rohingnya Sebagai Alat Politik

WIDIYNEWS.COM – Relawan Pro Jokowi atau Projo menilai pemerintah saat ini terlah bertindak nyata untuk membantu etnis Rohingnya yang mengalami penindasan di Rakhine State, Myanmar. Bahkan, apa yang telah dilakukan Kementerian Luar Negeri Indonesia sudah sangat tepat.

Loading...

Aksi nyata ini, seperti disampaikan Ketua Umum Projo Budi Arie Setiadai, tak hanya bantuan kemanusiaan yang langsung diberikan kepada etnis Rohingnya di Bangladesh, melainkan keterlibatan Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi membantu mengatasi tragedi kemanusiaan Rohingnya.

Budi mengatakan, “Pemerintahan Jokowi sudah pro aktif dan bertindak nyata. Kami mengapresiasi apa yang sudah dilakukan oleh Kementerian Luar Negeri, melakukan berbagai pendekatan diplomatik untuk mengatasi tragedi kemanusiaan Rohingya,”

Itu sebabnya, ia menyayangkan pernyataan Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto yang menganggap apa yang dilakukan pemerintahan Jokowi untuk Rohingnya hanya sebatas pencitraan saja.

“Masak dibilang pencitraan? Jadi apa lagi masalahnya? Konstitusi dasar negara kita sangat jelas bahwa bangsa ini ikut aktif dalam mewujudkan perdamaian dunia. Prinsip dasar bangsa ini juga jelas soal kemanusiaan yang adil dan beradab. Dan pemerintah sudah mengeksekusi dengan baik misi itu,” ungkap Budi.

Budi mengatakan, sebaiknya semua pihak dapat mendukung upaya pemerintahan mengatasi masalah etnis Rohingnya. Ia mengatakan, “Mari sama-sama kita dukung langkah-langkah dan upaya pemerintah dalam mengatasi tragedi Rohingya,”.

Ia juga berharap, isu Rohingnya jangan dijadikan sebagai alat untuk kepentingan politik nasional. Sehingga, upaya apapun yang telah ditempuh pemerintahan Jokowi selalu dipandang salah. “Krisis dan tragedi Rohingnya jangan dijadikan bahan bakar politik untuk kepentingan sesaat dan jangka pendek,” tegas Budi.

Dia juga mengatakan, semua pihak termasuk Projo, memandang apa yang terjadi di Rakhine, sudah jelas melanggar prinsip kemanusiaan, sehingga harus ditentang. “Tentu saja kami menentang keras segala hal yang menghancurkan prinsip-prinsip kemanusiaan. Duka Rohingnya adalah duka kita semua,” lanjut Budi.

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto mengatakan apa yang dilakukan pemerintah dengan mengirimkan bantuan kemanusiaan kepada warga Rohingnya yang saat mengungsi di Bangladesh hanyalah pencitraan. “Kalaupun kita sekarang kirim bantuan (kepada Rohingya), menurut saya itu pencitraan. Kirim bantuan pun tak sampai,” katanya.

Baca Juga: Prabowo Anggap Bantuan Indonesia untuk Rohingnya Hanya Pencitraan Jokowi

Prabowo menambahkan, Indonesia harus menjadi bangsa yang kuat untuk membantu etnis Rohingnya di Myanmar. Sebab, jika Indonesia kuat, menurut Prabowo, maka Indonesia akan disegani oleh dunia Internasional. “Jadi saudara-saudara percaya sama saya, kalau kita kuat, kita bisa bantu kaum Rohingya,” ujar dia.

Terkait pernyataan Prabowo tersebut, Budi menilai sangatlah berlebihan. Menurutnya, sebagai seorang negarawan, Prabowo harusnya bisa memberikan saran yang konstruktif.

 

POPULER PEKAN INI

Loading...

ARTIKEL LAINNYA

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More