Berita Terkini. Ini Komentar Fahri Hamzah Soal Panglima TNI Dilarang Masuk AS

Berita Terkini. Ini Komentar Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah Soal Panglima TNI Janderal Gatot Nurmantyo Dilarang Masuk AS

WIDIYNEWS.COM – Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah mencurigai penolakan kunjungan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo bersama delegasi oleh pihak pemerintah Amerika Serikat (AS). Fahri menilai, pemerintah AS memiliki maksud lain dibalik penolakan tersebut.

Fahri berharap, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi segera melakukan investigasi terhadap penolakan Gatot tersebut. Sehingga, penyelesaian ini tidak cukup hanya dengan pemberian keterangan dari Duta Besar Amerika Serikat di Jakarta.

Fahri Hamzah mengatakan, “Menteri luar negeri harus melakukan investigasi lebih jauh. Sebab tidak mungkin kesalahannya yang dilakukan ini teknis dan administratif semata. Kita patut mencurigai bahwa di belakang keputusan ngawur itu meski telah dikoreksi, ada maksud lain yang lebih besar”.

Mangkir dari Sidang Kasus e-KTP, Ternyata Novanto Pergi ke Tempat Ini!!

Menlu tidak boleh mudah puas dengan keterangan yang diberikan oleh pemerintah AS yang telah melakukan tindakan mengganggu hubungan dua negara. Anggota dewan asal Sumbawa, itu meminta pihak AS untuk bertanggungjawab atas kejadian ini.

Menurut Fahri, bangsa Indonesia adalah bangsa yang besar dan berdaulat, yang tidak bisa menerima begitu saja perlakukan yang tidak ada etika kepada pejabat. Politikus Partai Keadilan Sejahtera itu mengatakan, “Mereka harus tahu bahwa kita tidak mudah menerima,”.

Loading...

Setelah Ditolak Pemerintah AS, Jenderal Gatot Nurmantyo Lapor Jokowi

Sementara itu, Presiden Jokowi sendiri sudah mendapat laporan dari Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo terkait dilarangnya Gatot masuk ke AS. Laporan itu disampaikan langsung oleh Gatot kepada Jokowi.

“Ketika hari Sabtu kemarin sebenarnya panglima TNI menurut penjelasan yang saya konfirmasi sudah menginformasikan kepada presiden,” kata Staf Khusus Presiden bidang Komunikasi Johan Budi Saptopribowo di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (23/10/2017).

Johan melanjutkan, Gatot juga tidak mengetahui penyebab ia dilarang terbang ke AS. Jokowi lantas meminta Menlu untuk meminta kejelasan dari pihak AS terkait peristiwa janggal tersebut. “Untuk mencari titik terang kenapa ada persoalan seperti yang disampaikan oleh panglima TNI,” ujar Johan.

Din Syamsuddin Ditunjuk Jadi Utusan Khusus Presiden

Sebelumnya, Menlu Retno Marsudi sendiri sudah memanggil Wakil Dubes AS Erin McKee ke kantornya pada Senin pagi ini. Namun, Erin juga belum dapat memberikan kejelasan mengenai insiden itu.

Menurut keterangan Erin, pihaknya sampai saat ini masih berkoordinasi dengan otoritas dan unit bawah mereka untuk mencari tahu alasan yang sebenarnya terjadi terkait pelarangan itu.

Gatot Nurmantyo dilarang masuk ke wilayah AS pada Sabtu (21/10/2017). Saat itu Panglima TNI beserta delegasi masih berada di Bandara Soekarno-Hatta dan hendak check in. “Panglima TNI siap berangkat menggunakan maskapai penerbangan Emirates. Namun beberapa saat sebelum keberangkatan ada pemberitahuan dari maskapai penerbangan bahwa Panglima TNI beserta delegasi tidak boleh memasuki wilayah AS,” kata Kepala Pusat Penerangan TNI Mayor Jenderal Wuryanto di Kantor Panglima TNI, Jakarta Pusat, Minggu.

Populer Pekan Ini

Loading...

Rekomendasi Widiynews

Comments are closed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More