Amalan dan Bacaan Doa Menyambut Pagi Hari

Amalan dan Bacaan Doa Arab Menyambut Pagi Hari

WIDIYNEWS.COM – Doa di pagi hari memang sangat dianjurkan dalam ajaran Islam. Melalui doa ini kita semua diingatkan bahwa setiap melangkah dalam kebaikan hendaknya selalu diawali dengan niat serta doa dengan harapan mendapat keberkahan dan kemudahan oleh Allah SWT. Selain itu, dengan adanya doa ini kita semua diharapkan mendapatkan ketenangan batin sehingga semua aktivitas yang kita kerjakan dapat berjalan lancar dan sukses.

Loading...

Pagi adalah permulaan hari dan doa adalah senjata kaum mukmin untuk kekuatan jiwa, raga, dan ketenangan batin, serta memohon keberkahan dari Allah SWT. Berikut ini amalan dan doa menyambut pagi hari seperti yang disabdakan oleh Nabi Muhammad SAW.

“Alloohummaj’al awwala haadzan nahaari sholaahan wa ausathohu najaahan, wa aakhirohu falaahan, yaa arhamar roohimiin”

(Ya Allah, jadikanlah permulaan hari ini suatu kebaikan, dan pertengahannya suatu kemenangan, dan penghabisannya suatu kejayaan, wahai Tuhan yang paling Penyayang dari segala penyayang).

“Alloohumma innii as-aluka ‘ilman naafi’an wa rizqon thoyyiban wa ‘amalan mutaqobbala”.

(Ya Allah, sesungguhnya aku mohon kepada-Mu ilmu yang berguna, rezeki yang baik dan amal yang baik diterima”). (HR. Ibnu Majah).

Dari Abu Hurairah, “Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bila berada di pagi hari berdoa, ‘Ya Allah, kami berada di pagi hari dengan (rahmat)-Mu, di sore hari dengan (Rahmat)-Mu, kami hidup dengan (rahmat)-Mu, kami mati dengan (rahmat)-Mu, dan kepada-Mulah kami dibangkitkan.”‘ (HR. Abu Daud dan Tirmidzi).

Dari Ibnu Umar, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam tidak pernah meninggal-kan doa-doa berikut ini di pagi dan di sore hari, ‘Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu keselamatan di dunia dan di akhirat. Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepadamu ampunan keselamatan dalam agama dan duniaku, keluarga, dan hartaku.

Ya Allah, tutupilah kejelekanku dan tentramkanlah hatiku. Ya Allah, lindungilah dari depan dan dari belakangku, sebelah kanan dan kiriku dari atas kepalaku, serta dengan keagungan-Mu aku berlindung dari upaya makar atasku dari bawahku.’” (HR. Abu Daud dan Ibnu Majah).

Doa Pagi Hari Mohon Ilmu, Rezeki, dan Amal yang Diterima.

Loading...

Nabi Muhammad SAW selalu memanjatkan doa khusus untuk seluruh ummatnya di pagi hari. Berikut ini doa yang dipanjatkan Rosul:

اللَّهُمَّ بَارِكْ لأُمَّتِى فِى بُكُورِهَا

“Ya Allah, berkahilah umatku di waktu paginya.”

Rasulullah Saw juga mengajarkan kepada kita untuk senantiasa berdoa seusai sholat Subuh atau waktu pagi hari sebagai berikut:

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا، وَرِزْقًا طَيِّبًا، وَعَمَلاً مُتَقَبَّلاً

Allahumma inni as aluka ‘ilman naafi’aa wa rizqan toyyibaa wa ‘amalan mutaqabbalaa.

“Ya Allah, sungguh aku memohon kepadaMu ilmu yang manfaat, rizki yang baik dan amal yang diterima.” (HR. Ibnu As-Sunni dan Ibnu Majah).

Ibnul Qayyim rahimahullah berkata, “Pagi hari bagi seseorang itu seperti waktu muda dan akhir harinya seperti waktu tuanya.”

Rasulullah, tidak menjumpai pagi melainkan bergegas dalam beraktivitas. Seperti yang Allah SWT firmankan:

وَإِذْ غَدَوْتَ مِنْ أَهْلِكَ تُبَوِّئُ الْمُؤْمِنِينَ مَقَاعِدَ لِلْقِتَالِ وَاللّهُ سَمِيعٌ عَلِيمٌ

“Dan (ingatlah), ketika kamu berangkat pada pagi hari dari (rumah) keluargamu akan menempatkan para mukmin pada beberapa tempat untuk berperang.”

Demikian amalan dan doa menyambut pagi hari yang dapat saya bagikan pada kesempatan kali ini. Semoga doa-doa diatas dapat dipahami dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Ingat, doa adalah bukti bahwa kita tidak sombong kepada Allah. Usaha tanpa doa pun akan sia-sia dan tidak akan berkah. Begitu pula sebaliknya.

Artikel Terkait

Loading...

Comments are closed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More