Speaker Pintar Hasil Kolaborasi Google, Lenovo dan Sony Dapat Memainkan Musik Melalui Perintah Suara!

Widiynews.com – Perusahaan rakasasa teknologi dan internet Google baru saja mengumumkan akan segera meluncurkan asisten pintar suara, Google Assistant, yakni sebuah perangkat yang menyerupai tablet pada tahun 2018 ini. Perangkat tersebut merupakan hasil kolaborasi Google dengan LG Electronics Inc dan Sony Corp.

Perangkat yang diberi nama layar pintar tersebut memiliki bentuk seperti layar tablet pada speaker. Dilansir Business Insider, speaker pintar ini dapat mematuhi sejumlah perintah suara untuk melakukan berbagai hal, seperti memainkan musik, meredupkan lampu, mengunci pintu dan mengatur alarm.

Tidak hanya LG, dan Sony, JBL, dan Lenovo juga turut andil untuk mengembangkan speaker berbentuk layar pinter tersebut. Jika perangkat berhasil dikembangkan, maka bakal berhadapan langsung dengan speaker pintar besutan Amazon.

Seperti diketahui, pasar speaker pintar dimulai oleh Amazon pada 2014 dengan menghadirkan perangkat yang diberi nama Echo, dimana perangkat ini didukung dengan asisten virtual Alexa. Perusahaan kemudian menambahkan layar perangkat pada Juni dan memberi nama perangkat tersebut Echo Show.

Google Assistant baru ini diumumkan dalam ajang Consumer Electronics Show (CES) yang berlangsung di Las Vegas, Amerika Serikat, pada Senin (8/1/2018). Perangkat ini menandai tantangan pertama untuk Amazon Echo Show dan Echo Sport yang juga sama-sama memiliki layar.

Saat ini, perangkat tersebut baru dioptimalkan untuk kualitas suara dan mendengarkan perintah suara. Informasi yang berkaitan dengan perintah suara akan ditampilkan dilayar sentuh. Layar pintar versi Lenovo (Lenovo Smart Display) akan hadir dengan layar berukuran 8 inci seharga US$ 200, sedangkan untuk varian yang lebih besar memiliki layar 10.1 inci dijual seharga US$ 250.

Perangkat pintar tersebut baru akan dijual pada awal musim panas tahun ini. Perusahaan juga akan menambahkan kamera yang dapat digunakan untuk mengambil gambar HD. JBL, Sony, dan LG hingga kini belum mengumumkan harga jual dan waktu peluncurannya.

Google mulai menunjukkan ketertarikan pada speaker pintar sejak tahun lalu. Menurut estimasi perusahaan riset EMarketer, sebanyak 45 juta orang di AS akan menggunakan speaker pintar pada 2018 dan Amazon akan menguasai dua per tiganya.

Saat ini, perusahaan internet raksasa itu telah menghentikan akses Echo Show ke YouTube dan mengambil langkah yang dinilai cukup aneh karena secara gamblang menyatakan hal itu sebagai balasan karena Amazon menolak menjual berbagai produk Google.

Google pun mengambil keuntungan dari langkah tersebut. Menurut Gummi Hafsteinsson selaku Direktur Produk Google, nilai jual utama perangkat layar pintar besutan perusahaannya tersebut adalah bisa menampilkan video YouTube dan resep makanan. Perangkat itu juga bisa menampilkan rincian tentang restoran dan membuka video chat Google Duo.

Berita Terkait

KONTEN BERSPONSOR

Loading...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Advertisements fund this website. Please disable your adblocking software or whitelist our website. Thank You!