Bawakan Materi Hina Agama, Tika Ramlan Kritik Pedas Joshua dan Ge Pamungkas

Bawakan Materi Hina Agama, Tika Ramlan Kritik Pedas Joshua dan Ge Pamungkas

Widiynews.com – Nama komika Joshua Suherman dan Ge Pamungkas mendadak jadi perbincangan hangat dikalangan netizen baru-baru ini. Hal terjadi setelah viralnya video stand-up comedy Joshua di berbagai media sosial, salah satunya YouTube  yang diduga telah menistakan agama. Meski ada yang menganggap video lawakan tersebut lucu, namun tak sedikit pula yang menghujat habis-habisan karena materi yang dibawakan dianggap berbau SARA.

Bahka, Forum Umat Islam Bersatu (FUIB) telah melaporkan keduanya kepada pihak kepolisian. Menaggapi ramainya pemberitaan tersebut, mantan penyanyi cilik tersebut mengaku bahwa lawakan tersebut sejatinya bukan berisi kritikan mengenai agama, melainkan kritik sosial.

Insiden ini pun memancing kalangan selebritis lain untuk berkomentar, salah satunya Tika Ramlan, eks grup band T2. Meski tak menyebutkan nama, namun Tika secara tegas membahas fenomena yang kin tengah ramai dibicarakan netizen di media sosial.

Bawakan Materi Hina Agama, Tika Ramlan Kritik Pedas Joshua dan Ge Pamungkas

“Indeed. Lucu bukan berarti harus mencemooh. Lucu bukan berarti mengolok-ngolok. Kalau komedian yang pintar pasti bisa cari materi-materi lawakan yang tidak mencemooh pada 1 hal. Mengkritik boleh, tapi tidak mencemooh. Apalagi yang dicemooh agama, ras, warna, kulit, dan sebagainya yang bisa memicu keributan,” sindir tika melalui postingan Instagramnya.

Nampaknya Tika terlihat murka dengan komedian zaman now yang kerap membawakan materi bermuatan SARA sebagai bahan lawakan. “Tak berkelas dan bodoh” itulah label yang diberikan oleh wanita yang memiliki nama asli Kartika Yudia Ramlan itu kepada para komedian yang dimaksud.

“herannya entah sudah ke berapa kalinya. Terulang lagi, terulang lagi, hal-hal yang diluar jalur yang dilakukan oleh beberapa komedian muda. Padahal mungkin harusnya mereka tahu dengan lawakan enggak berkelas seperti itu, dengan mencemooh agama manapun, ibadah agama manapun, itu bisa memicu keributan. Apa emang maunya bikin ribut? Atau mereka pikir melakukan hal tersebut itu bikin mereka keren? Nggak sih, sama sekali nggak keren, kalian malah terlihat bodoh,” sindiran peda Tika kepada Joshua dan Ge Pamungkas.

Sementara itu, melalui kuasa hukumnya, Achmad Budi Prayoga mengatakan bahwa Joshua tidak berniat menyinggung persoalan agama.

“Menurut kami, materi komik mereka sama sekali tidak menyinggung masalah agama. Sama sekali enggak ada. bahkan menurut kami itu bagian kreativitas anak muda,” tutur sang pengacara.

Menurut Achmad Budi Prayoga, niat komika yang dikenal sebagai penyanyi lagu anak-anak dengan judul “Diobok-obok” itu hanya untuk menghibur. Ia tidak berniat menistakan agama tertentu.

“Mereka ingin menyampaikan akhir-akhir ini keadaan bangsa ini selera humornya semakin rendah. Akhir-akhir ini kok orang-orang begitu sekali, sulit tertawa. Makanya mereka di Majelis Lucu Indonesia, mereka membuat komik yang bermuatan kritik sosial. Bukan mengkritik agama, tapi kritik sosial,” lanjutnya.

Mari Bagikan :
Didiklah anak-anakmu itu berlainan dengan keadaan kamu sekarang kerana mereka telah dijadikan Tuhan untuk zaman yang bukan zaman engkau. (Umar bin Khattab)