Pandji Pragiwaksono Nilai Komika Joshua Suherman dan Ge Pamungkas Tidak Menghina Agama

Pandji Pragiwaksono Nilai Komika Joshua Suherman dan Ge Pamungkas Tidak Menghina Agama

Widiynews.com – Komika Pandji Pragiwaksono menanggapi kasus yang menjerat kedua sahabatnya, Joshua Suherman dan Ge Pamungkas yang baru saja dilaporkan karena telah dianggap menistakan agama. Keduanya dilaporkan oleh ormas Islam karena materi stand up comedy yang dibawakan mengangkat isu SARA.

Melalui postingan terbarunya di Instagram pribadinya, Pandji mengatakan bahwa Ge dan Joshua tidak menghina agama. Menurutnya, keduanya tengah membahas perilaku para penganut agama yang kebetulan kontra dan bisa dibuat materi lawakan.

“Sepakat kok, saya udah nonton video Ge dan Jojo. Mereka tidak menertawakan agama, mereka membahas perilaku manusianya. Sekrang gini deh, kita pikirkan logikanya aja, mungkinkah orang dengan sadar dan sengaja menertawakan agama lalu membiarkan diunggah di jejaring sosial? Gila atau nekat, tulis Pandji.

Pandji pun menambahkan pembelaannya terhadap kedua sahabatnya itu. Menurutna, keduanya hanya membicarakan tentang pelakunya, sehingga banyak yang merasa tersinggung.

Pandji Pragiwaksono Nilai Komika Joshua Suherman dan Ge Pamungkas Tidak Menghina Agama

“Setau gue, gak ada komika Indonesia yang menertawakan agama, yang selalu ada dan ditangkap masyarakat secara salah adalah membahas manusia dan perilakunya karena agama / atas nama agama, manusia yang menjadi objek. Makanya kalau kamu perhatikan, manusianya yang tersinggung,” lanjutnya.

“Enggak juga, perlu diingat bahwa materi2 stand-up gue tentang pemerkosaan, agama, prostitusi, edukasi sex, dall udah bisa masuk TV lho dan tidak ada pertentangan yang ekstrim, ingat: sentimen di social media tidak serta merta cerminan di dunia nyata,” ungkap Pandji lagi.

Cuitan Pandji yang diunggah oleh salah satu akun gosib @lambe_pagi itu pun menuai banyak komentar positif. Banyak netizen yang setuju dengan opini Pandji yang mengatakan bahwa materi lawakan yang dibawakan rekannya Joshua Suherman dan Ge Pamungkas tidak menyinggung soal agama.

“Setuju sih, Wkwkwkwk kalo ga tau stand up comedy jg byk yg ga bakal paham, toh itu video cm potongan,” tulis pemilik akun @im*****90. “Setuju sih.. manusianya yg berperilaku, giliran di tegur katanya mereka mencela agama. Manusianya baper,” komentar @pra******yit. “Yang marah berarti merasa ‘benar’ dan ‘tersinggung’ ungkap pemilik akun @mael*****na.

Mari Bagikan :
Barangsiapa menempatkan dirinya di tempat yang dapat menimbulkan persangkaan, maka janganlah menyesal kalau orang menyangka buruk kepadanya. (Umar bin Khattab)