Motoroid, Motor Robot Yamaha yang Dapat Berinteraksi dengan Manusia

Widiynews.com – Yamaha baru saja memperkenalkan purwa rupa terbarunya, yakni sebuah motor robot tanpa pengendara dengan tenaga listrik yang diberi nama “Motoroid” dalam ajang Consumer Electronics Show (CES) di Las Vegas. Motor ini diklaim dapat berinteraksi dengan manusia.

Kinji Asamura, pimpinan proyek Yamaha Motor Innovation Center dalam kesempatan tersebut memperagakan seraya menggunakan lambaian tangannya untuk memanggil motor tanpa pengendara itu ke hadapan para pengunjung di anjungan Yamaha.

Motor robot itu kemudian berdiri dalam posisi seimbang dan tidak bergerak dari posisinya kendati Asamura mencoba mendorongnya beberapa kali. Asamura menjelaskan purwarupa motor listrik itu dapat melaju hingga 200 kilometer per jam di sebuah trek uji.

Loading...

“Sepeda motor adalah masa lalu, dan Motoroid adalah masa depan,” kata salah seorang juru bciara Yamaha, John Boreland kepada AFP, kamis (11/1/2017) waktu setempat. “Tujuannya adalah melihat pelajaran apa yang bisa dipelajari untuk menghubungkan mesin dengan manusia secara lebih efektif,” tambahnya.

Sebelumnya, Yamaha juga telah memperkenalkan motor robot “Motobot” yang mampu melaju kencang namun hanya mengandalkan rute perjalanan yang sudah diprogramkan. “Manusia bereaksi jauh lebih cepat,” jelas Boreland.

Sementara itu, menurut Boreland, Motoroid memiliki fitur otonom antara lain mampu menjaga keseimbangan dengan sendirinya, mengenali pengendara, dan bisa dipanggil menggunakan gelombang.

Dibagian sayap belakang tempat duduk Motoroid dirancang untuk bantuan psikolog untuk memijat punggung pengendara guna memberikan ketenangan dan meredam emosi. Disisi lain, Boreland mengatakan bahwa motor listrik itu juga tidak akan dijual dipasaran.

Terkait

Loading...
Berita Terkait

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More