Resep Tradisional, Kue Sengkulun Khas Jawa Tengah Paling Mudah dan Praktis

Resep Kue Sengkulun Khas Jawa Tengah – Sengkulun adalah salah satu kue atau jajanan tradisional khas Jawa Tengah. Kue kering ini tidak hanya populer dikalangan orang-orang jawa saja, tapi hampir seluruh masyarakat Indonesia suka dengan kue lezat ini. Bahan dasarnya terbuat dari beras ketan, gula jawa dan parutan kelapa. Aroma dan rasanya sangat lezat, teksturnya lembut dan kenyal-kenyal saat di makan.

Kue Sengkulun bisanya banyak ditemukan saat sedang ada acara-acara besar didaerah Jawa Tengah, seperti acara hajatan atau khitanan dan beberapa acara tradisional jawa lainnya. Menurut orang-orang, kue sengkulun tidak hanya berasal dari daerah jawa saja, ada beberapa daerah lain yang juga memiliki kue tradisional ini. Bentuk dan rasanya pun hampir sama, namun walau beda asalnya rasanya tetaplah nikmat.

Untuk Membuat kue sengkulun ternyata tidaklah sulit seperti kata orang-orang, tidak percaya? Berikut ini cara mudah membuat resep kue sengkulun khas Jawa Tengah yang nikmat dan kenyal. Simak baik-baik cara dan catat pula bahan-bahan yang diperlukan.

Bahan – Bahan

  • 500 gr tepung ketan
  • 1 butir kelapa setengah tua diparut
  • 225 gr gula
  • 1 sdt garam
  • Pewarna makanan merah secukupnya
  • Daun pisang secukupnya

Cara Membuat Sengkulun

  1. Campur tepung ketan, kelapa parut, gula, dan garam menjadi satu adonan.
  2. Bagi dua adonan tersebut, 1/3 adonan diberi warna merah, 2/3 tetap warna putih. Aduk merata masing-masing dari kedua adonan.
  3. Masukan adonan putih di Loyang yang telah diolesi minyak dan dialasi daun pisang.
  4. Ratakan adonan setebal 3 cm. Lalu, tambahkan adonan merah di atasnya dan ratakan.
  5. Kukus selama 30 menit atau hingga matang, kemudian potong-potong sesuai selera.

Sajikan kue sengkulun sebagai camilan bersama keluarga, untuk menambah kehangatan bersama keluarga Anda bisa menyiapkan satu gelas teh manis atau kopi untuk suami tercinta.

Resep Yang Menarik >> Resep Tahu Isi Jeletot Khas Bandung

Dalam pemilihan kelapa, usahakan memilih kelapa yang tidak terlalu tua supaya rasa resep kue sengkulun yang dihasilkan semakin nikmat. Kue kering ini juga bisa disajikan saat hari-hari spesial seperti menu buka puasa, lebaran atau ketika Anda kangen dengan masakan tradisional atau kampung halaman.

0 Shares:
You May Also Like