Resep Kacang Bawang Gurih Sajian Lebaran Idul Fitri

WIDIYNEWS.COM – Lebaran memang tidak lepas dari yang namanya menyantap kue. Tentunya, ada banyak jenis kue kering dan kue basah yang menjadi favorit Anda pada moment hari penuh kemenangan ini. Sajian kue ini menjadi penghangat suasana silaturahmi rekan, dan sanak saudara yang berkunjung dan menjadikan suasana berkumpul menjadi lebih terasa dirumah.

Nah, buat Anda yang sedang berburu resep kue kering untuk disajikan saat lebaran. Meski ada banyak resep yang tersaji saat ini, tidak ada salahnya Anda mencoba resep kacang bawang untuk dijadikan kue spesial hidangan dirumah Anda.

Seperti diketahui, kacang tanah mengandung lemak dan protein yang cukup tinggi. Selain itu, kacang tanah juga tinggi sekali kandungan zat besi, vitamin E, kalsium, vitamin B kompleks, vitamin A dan K, lesitin, kolin, dan juga kalsium. Bahkan, tanaman ini mengandung protein yang lebih tinggi dibanding daging, telur dan juga kacang soya.

Kandungan vitaminnya yang cukup tinggi tersebut, tak heran jika kacang tanah banyak disukai. Berbicara soal kacang tanah, kacang bawang adalah satu camilan yang terbuat dari kacang tanah. Camilan ini memiliki rasa yang gurih dan punya tekstur renyah, hampir dipastikan semua orang menyukai camilan ini. Selain itu, camilan ini juga cocok dijadikan sajian saat lebaran loh.

Nah, buat Anda yang memiliki banyak waktu luang dirumah dan ingin menyajikan camilan tersendiri hasil buatan Anda, tidak ada salahnya Anda mencoba membuat kacang bawang sendiri dirumah. Berikut resep dan cara membuat kacang bawang yang gurih dan renyah, jangan lupa catat bahan-bahan yang diperlukan.

Resep Kacang Bawang

Resep Kacang Bawang Gurih Sajian Lebaran Idul Fitri

Bahan-Bahan Kacang Bawang

Sebelum membuat kacang bawang yang gurih dan renyah, silahkan catat dan siapkan terlebih dahulu bahan-bahan yang diperlukan untuk membuatnya sebagai sajian saat lebaran bersama keluarga dirumah dibawah ini.

  • 1 kg kacang tanah kupas
  • 500 ml santan kelapa
  • 15 siung bawang putih (iris tipis)
  • 5 siung bawang putih (haluskan)
  • 2 sdm garam halus
  • Kaldu ayam bubuk (jika suka, secukupnya)
  • 1 sdt ketumbar (haluskan)
  • 1 liter air mendidih
  • Minyak goreng (secukupnya)

Cara Membuat Kacang Bawang

Kalau sudah dicatat bahan-bahan yang diperlukan, silahkan ikuti langkah-langkah membuat kacang bawang spesial lebaran dibawah ini agar hasilnya semakin maksimal begitu juga rasanya sesuai yang Anda inginkan.

  1. Cuci bersih kacang tanah kemudian rendam di dalam air mendidih hingga dingin. Jika sudah, kupas kulit ari kacang sampai habis, tiriskan.
  2. Siapkan panci kemudian masukkan kacang, santan dan bumbu yang telah dihaluskan.
  3. Rebus kacang dengan api kecil sampai mendidih dan bumbu meresap. Angkat kacang, tiriskan.
  4. Siapkan wajan yang telah diisi minyak goreng, goreng kacang bersama bawang yang telah diiris hingga kering atau renyah.
  5. Untuk menggoreng kacang bawang ini, gunakan api kecil saja agar kacang tidak mudah gosong.
  6. Segera angkat kacang yang sudah garing atau renyah, angkat kemudian tiriskan.
  7. Masukkan kacang bawang yang telah dingin ke dalam toples, tutup rapat dan sajikan untuk sajian lebaran.

Selain kacang bawang, Anda juga dapat mencoba membuat resep kue kering lainnya seperti resep kue kastengel untuk disajikan saat lebaran nanti. Resep kue kering ini memang cukup sederhana dan cukup mudah diterapkan. Selamat mencoba ya.

0 Shares:
You May Also Like