Widiynews
Berita Gaya Hidup Masa Kini

Ingin Berhenti Merokok? Lakukan 4 Cara Ampuh dan Sudah Terbukti Ini!

Ingin berhenti merokok? berikut beberapa cara efektif dan ampuh karena sudah terbukti yang bisa dilakukan setiap orang untuk menghentikan kebiasaan merokok.

Widiynews.com – Setiap orang tentu tahu efek buruk merokok bagi kesehatan. Merokok bukan hanya merusak paru-paru, tetapi juga menyebabkan penyakit jantung dan juga stroke. Meski demikian, berhenti merokok tetap bukan hal yang mudah dilakukan.

Seperti dikutip dari Bright Side, berikut beberapa cara efektif dan sudah terbukti ampuh yang bisa dilakukan setiap orang untuk menghentikan kebiasaan merokok. Apa saja?

Tetapkan Tanggal

Sebuah studi yang telah membandingkan antara berhenti merokok tiba-tiba dengan mengurangi merokok secara pelan-pelan, tidak menemukan mana yang lebih efektif. Ini artinya Anda dapat memilih metode manapun berdasarkan apa yang menurut Anda bisa bekerja dengan baik.

Dua metode tersebut tentunya sama-sama sulit untuk dilakukan. Maka itu, Medical News Today menyarankan agar Anda memberi tahu orang-orang bahwa Anda berhenti merokok.

Perhatikan Pilihan Diet

Menurut sebuah studi yang diterbitkan pada tahun 2012, orang yang makan buah dan sayuran empat kali atau lebih per hari tiga kali lebih mungkin untuk mengurangi merokok daripada orang yang makan buah dan sayuran kurang dari 2 kali per hari.

Efek dari kebiasaan itu berlangsung hingga 14 bulan. Studi ini juga menunjukkan bahwa makanan tertentu seperti buah-buahan, dan sayuran dapat membuat rasa rokok lebih buruk. Alhasil, Anda harus menghindari makanan pemicu seperti makanan rendah kalori, alkohol, dan kopi.

[artikel number=4 tag=”kabar-duka,tips-sehat,tips-kecantikan” ]

Terapi Perilaku

Sebuah penelitian menyimpulkan bahwa sebagian besar perokok tidak dapat berhenti merokok karena ketergantungan nikotin dan tekanan psikologis. Jadi banyak yang menganggap rokok bisa meredakan ketegangan. Namun, telah terbukti bahwa dukungan perilaku dapat meningkatkan kemungkinan berhentinya merokok dalam jangka panjang sebesar 25 persen.

Dukungan perilaku itu dapat berupa terapi dalam kelompok atau secara individual, baik melalui telepon, email, atau tatap muka. Di samping itu, ada berbagai kelompok ‘Anonymous Nicotine’ yang dapat Anda hadiri dan terjangkau dari rumah Anda.

Katakan Tidak Pada Alkohol dan Kopi

Tidak ada seorang perokok tanpa menikmati kopi dan alkohol saat mengisap beberapa batang rokok. Inilah sebabnya mengapa Pemerintah NSW menyarankan agar Anda mengurangi asupan kopi dan alkohol.

Di satu sisi, kafein dapat meningkatkan tingkat kecemasan dan membuat Anda merasa gelisah. Di sisi lain, alkohol bisa melemaskan otot-otot otak Anda dan dapat membuat Anda lupa semua alasan yang membuat Anda ingin berhenti merokok.

Berita Terkait
Loading...
loading...

Comments

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More