Widiynews
Berita Gaya Hidup Masa Kini

Kamu Harus Tahu, Ini Manfaat Berpelukan Bagi Kesehatan!

Manfaat Berpelukan – Hal lain yang juga penting untuk dicatat adalah bahwa ternyata berpelukan memberikan manfaat positif bagi kesehatan.

Widiynews.com – Sebuah studi yang diterbitkan oleh Carnegie Mellon University menyebut berpelukan kemungkinan besar bisa meredakan pilek. Selain itu, para ilmuwan dalam penelitian tersebut juga mencatat pelukan bisa menurunkan risiko stres hingga 32 persen. Hal lain yang juga penting untuk dicatat adalah bahwa ternyata berpelukan memberikan manfaat positif bagi kesehatan.

“Memeluk orang-orang yang ada di bawah tekanan akan mengurangi risiko pilek yang biasanya terkait dengan stres,” ujar Sheldon Cohen, psikolog yang terlibat dalam penelitian tersebut.

Menurut Cohen, berpelukan bisa merangsang reseptor tekanan di bawah kulit, sehingga tubuh akan merasa rileks. Pelukan juga bisa meningkatkan produksi oksitosin yang merupakan hormon pemicu rasa nyaman. (dtk)

Berpelukan adalah wujud dari rasa menyayangi. Selain itu, berpelukan juga bisa dijadikan cara menunjukkan dukungan sekaligus memberikan perlindungan. Bahkan, ternyata berpelukan juga bisa melepaskan hormon cinta lho.

1. Ikatanmu dengannya bakal makin kuat

Ikatanmu dengan orang yang kamu peluk bakal makin kuat. Siapapun yang kamu peluk, entah itu pasangan, keluarga, atau teman bakal merasa nyaman. Selain itu, berpelukan juga menularkan energi positif yang menenangkan.

Kamu Harus Tahu, Ini Manfaat Berpelukan Bagi Kesehatan
Jokowi dan Prabowo Berpelukan. [email protected]

2. Hormon cinta juga bisa tumbuh dari pelukan

Hormon cinta atau oksitosin bisa dihasilkan dari berpelukan. Selain memberi rasa nyaman, hormon ini juga membuatmu merasa gembira dan senang. Jadi, sering-seringlah berpelukan jika kamu ingin lebih bahagia.

[artikel number=5 tag=”tips-sehat,kabar-duka,gempa-bumi,tips-kecantikan” ]

3. Stress berkurang

Pelukan ternyata juga bermanfaat untuk psikismu. Dari mulai stres hingga depresi bisa terbantu berkat pelukan. Jadi segeralah memeluk orang-orang yang ada di dekatmu ya.

4. Merasa dihargai

Selain menunjukkan rasa sayang, pelukan juga membuatmu merasa dihargai. Bahkan rasa dihargai ampuh menumbuhkan rasa percaya diri. Gak heran banyak orang memeluk orang lain sebagai cara memberikan dorongan semangat sekaligus menularkan energi positif.

Kamu Harus Tahu, Ini Manfaat Berpelukan Bagi Kesehatan

5. Untuk memotivasi diri

Kamu bakal merasa termotivasi saat memeluk atau sedang dipeluk. Pasalnya, hormon dopamin yang dihasilkan bakal membuat seseorang merasa bahagia dan termotivasi. Bahkan, hasilnya bakal setara seperti sesaat setelah mendengarkan lagu-lagu yang bisa membakar semangat.

6. Membuatmu tambah bahagia

Seperti sudah disinggung di poin nomor dua, berpelukan bisa menimbulkan hormon cinta. Hal inilah yang menyebabkanmu jadi lebih bahagia setiap hari. (mr/idntimes)

Berita Terkait
Loading...
loading...

Comments

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More