Widiynews

Berujung Kematian, Ini Gejala-Gejala Kanker Darah yang Harus Kamu Tahu!

Bagikan:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Berujung Kematian, Ini Gejala-Gejala Kanker Darah yang Harus Kamu Tahu!
Kanker Darah via suara.com
Gejala-gejala limfoma atau kanker darah tidak khas atau samar. Beberapa gejalanya muncul seperti terdapat pembengkakan dibagian kelenjar getah bening di leher

Limfoma atau kanker getah bening belakangan menjadi perhatian tersendiri dikalangan dunia kesehatan. Menurut data, hampir setiap tahunnya jumlah pasien pengidap limfoma meningkat. Meski demikian, kanker getah bening masih dianggap sepele dibanding jenis penyakit kanker lainnya oleh sebagian orang. Padahal, kanker ini dapat mengakibatkan kematian bagi penderitanya.

Dilansir dari Vemale.com, faktor penyebab kanker getah bening tidak hanya faktor genetik saja, seperti diungkapkan oleh Dokter Spesialis Penyakit Dalam, Ronald. A. Hukom.

“Gaya hidup seperti kebiasaan merokok, mengonsumsi bahan kimia, terpapar radiasi dan lainnya bisa memicu kanker getah bening,” ujar Ronald, Sabtu (15/9/2018).

Gejala-gejala limfoma atau kanker darah tidak khas atau samar. Beberapa gejalanya muncul seperti terdapat pembengkakan dibagian kelenjar getah bening di leher, dan lipatan paha, napas terasa sesak dan batuk, sakit kepala, pembengkakan amandel dan lainnya.

Gejala-Gejala Kanker Darah (Limfoma)

Ada beberapa jenis kanker darah yang perlu kalian ketahui, pertama Limfoma Hodgkin (LH) dan Non-Hodgkin (NHL). Dari kedua jenis kanker darah tersebut, sekitar 90 persen orang menderita NHL dan sisanya HL. Berikut penjelasan detail kedua jenis kanker darah tersebut.

Limfoma Hodgkin

Limfoma Hodgkin (HL) adalah jenis kanker darah yang dapat disembuhkan. Biasanya, HL menyerang getah bening yang terletak dibagian leher atau kepala.

Pada umumnya orang yang limfoma hodgkin berusia 15 sampai 33 tahun.

Limfoma Non-Hodgkin (NHL)

Limfoma Non-Hodgkin pertumbuhan selnya beragam, ada yang lambat (indolent/low grade) dan cepat (aggresive/high-grade).

Kanker darah ini sering terjadi pada usia lanjut, yakni diatas 60 tahun. Selain itu, menurut data Kementerian Kesehatan dari Rumah Sakit Dharmais pada 2008-2013, kanker darah menjadi kanker yang paling banyak diderita oleh anak-anak.

Faktor risiko atau penyebab pasti kanker darah atau limfoma pada anak-anak hingga saat ini belum dapat diketahui secara pasti. Oleh karena itu, para orang tua sebaiknya waspada jika muncul gejala seperti yang telah disebutkan diatas.

Baca juga: Manfaat Berpelukan Bagi Kesehatan yang Harus Kamu Tahu

Dan sebaiknya, jika terdapat gejala-gejala limfoma, segera periksa kondisi kalian atau penderita, sehingga dapat dilakukan tindakan selanjutnya untuk menghindari risiko lebih lanjut agar tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan.

Bagikan jika suka:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

From our editorial team

Widiynews.com adalah tempat menulis untuk semua orang. Yuk kirim juga tulisanmu sekarang

ARTIKEL YANG KAMI PILIH KHUSUS UNTUKMU

Baca Lainnya

Kebijakan Berkomentar:

Mohon untuk berkomentar relevan sesuai topik bahasan! Komentar tidak relevan, SPAM atau memiliki link aktif akan kami hapus.