Mari Belajar dari Dua Makhluk Allah yang Kecil

Belajar Muhasabah dari Dua Makhluk Terkecil Allah SWT

Mengapa lebah cepat menemukan bunga, sedangkan lalat cepat menemukan kotoran? Karena naluri lebah hanya untuk menemukan bunga, sedangkan naluri lalat hanya untuk menemukan Kotoran.

Lebah tidak tertarik pada kotoran, sebaliknya lalat tidak tertarik pada harum dan keindahan bunga. Alhasil…LEBAH kaya akan madu sedangkan LALAT kaya dengan kuman penyakit..

Mengapa sebagian orang menjadi buruk dan sebagian lainnya menjadi baik?

Karena orang yang menjadi buruk tidak tertarik pada hal-hal yang baik (nilai-nilai keimanan), namun bila ada hal-hal yang buruk seperti bergosip, fitnah, adu domba, ghibah, permusuhan,atau provokasi mereka begitu bersemangat tanpa pikir panjang lagi.

Orang baik ialah orang yang tidak tertarik dan tak mau merespon akan hal-hal buruk seperti contoh diatas. Mereka fokus pada ibadah mereka dan menyebarkan kebaikan.

Berkata Abdullah bin Abbas:

“Sesungguhnya kebaikan (KEBENARAN) itu memberikan cahaya pada WAJAH pelakunya, menjadi pelita bagi hati, memberi kelapangan rezeki, membentuk kekuatan jasad, dan membuat orang-orang mencintainya. Adapun sesungguhnya kejahatan (keburukan) itu membuat muka carut-marut, memberi kegelapan dalam hati, kelemahan pada badan, mengurangi pintu rezeki, dan membuat orang lain membencinya.” (Ibnul Qoyyim).

Jika kita seperti lebah yang menghasilkan madu (kebaikan), maka orang-orang di sekeliling kita juga akan mencicipi manisnya (kebaikan). Tapi jika kita seperti lalat, maka kuman (kebathilan) yang kita tebarkan juga akan menjerumuskan orang lain.

Loading...

Janganlah engkau menjadi seperti seekor lalat, yang selalu hinggap di tempat kotor, beraroma busuk dan penuh dengan ulat..

Yang tak pernah peduli apa yang dijilat, yang penting baginya lezat dan nikmat..

Alangkah bagusnya seekor LEBAH, yang selalu mencari penghidupan di tempat yang indah dan wangi… Ia tak terlihat di kubangan sampah, Apa yang diambil & dihasilkannya pun berfaedah..

Dari Abu Hurairah, Rasululloh shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

“Merupakan tanda baiknya Islam seseorang, dia meninggalkan sesuatu yang tdk bermanfaat baginya” (HR. Tirmidzi).

Sekarang pilihan ada ditangan masing-masing…. mau jadi mulia seperti ‘LEBAH’ atau hina seperti ‘LALAT’ ….._*

Kirim RENUNGAN Anda lewat email ke: [email protected], paling banyak dua (2) halaman MS Word atau 350 kata. Jangan lupa sertakan biodata singkat dan foto diri.

Sumber: Grup WA

Baca Juga: Sungguh Luar Biasa, Ternyata Ini Rahasia dan Keutamaan Menjaga Silaturahmi

Terkait

Lainnya:

Loading...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More