Widiynews
Berita Gaya Hidup Masa Kini

Ingin Urusan Anda Dimudahkan? Amalkan Bacaan Doa Berikut Ini

Bacaan Doa Agar Dimudahkan Segala Urusan dan Pekerjaan

Doa dimudahkan segala urusan dan pekerjaan. Jangan sombong, libatkanlah Allah dalam segala urusan duniamu. Mintalah petunjukkanya agar pekerjaan dan urusan duniamu tak membuatmu lupa pada-Nya.

Berikut ini adalah bacaan doa agar dimudahkan segara urusan saat menghadapi masalah atau kesulitan, silahkan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari:

اللهم يسر ولا تعسر

Alloohumma yassir wa laa tu’assir

Artinya: Ya Allah mudahkanlah dan jangan Engkau persulit.

Fatwa Lajnah Da’imah yang dipimpin Syaikh Al-‘Allamah Bin Baz menyebutkan:

الدعاء ب: (اللهم يسر ولا تعسر) جائز ، ولا حرج فيه، واليسر والعسر كله بتقدير الله سبحانه، قال تعالى: وَإِنْ تُصِبْهُمْ حَسَنَةٌ يَقُولُوا هَذِهِ مِنْ عِنْدِ اللَّهِ وَإِنْ تُصِبْهُمْ سَيِّئَةٌ يَقُولُوا هَذِهِ مِنْ عِنْدِكَ قُلْ كُلٌّ مِنْ عِنْدِ اللَّهِ فَمَالِ هَؤُلَاءِ الْقَوْمِ لَا يَكَادُونَ يَفْقَهُونَ حَدِيثاً

“Doa dengan lafazh ‘Alloohumma yassir wa laa tu’assir’ diperbolehkan. Tidak ada masalah dalam kandungan doa tersebut.

Kemudahan maupun kesulitan semuanya terjadi dengan ketetapan Allah SWT. Sebagai hamba yang beriman, sudah sepantasnya kita meyakini bahwa apa-apa yang telah ditetapkan Allah adalah yang terbaik dari apa yang kita inginkan.

Didalam Al-Qur’an Allah telah berfirman:

“Dan jika mereka memperoleh kebaikan, mereka berkata, “Ini datangnya dari sisi Allah.” Dan jika mereka ditimpa kejelekan mereka berkata, “Ini datangnya dari sisi kamu (Muhammad).” 

Katakanlah, “Semuanya datang dari sisi Allah.” Maka mengapa orang-orang munafiq itu hampir-hampir tidak memahami pembicaraan sedikitpun?”

Doa Menghadapi Kesulitan

Doa ketika menghadapi kesulitan lainnya dengan kalimat yang lebih panjang adalah

اَللَّهُمَّ لا سَهْلَ إِلاَّ مَا جَعَلْتَهُ سَهْلاً وَ أَنْتَ تَجْعَلُ الْحَزْنَ إِذَا شِئْتَ سَهْلاً

“Ya Allah tak ada kemudahan kecuali apa yang Engkau jadikan mudah, dan yang sulit bisa Engkau permudah bila Engkau kehendaki mudah.” (HR. Ibnu Hibban).

رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِي يَفْقَهُوا قَوْلِي

Rabbisyrahli shadri wa yassirli amri wahlul ‘uqdatam mil lisani yafqahu qauli

“Ya Allah, lapangkanlah dadaku, mudahkanlah urusanku, dan lepaskanlah kekakuan lidahku, supaya mereka bisa mengerti perkataanku.” (QS. Thoha: 25-28).

Doa di atas dipanjatkan Nabi Musa a.s. ketika hendak menghadapi Fir’aun.

Doa di atas juga bisa baca saat menjalani ujian, tes, dan hendak berpidato agar mengatasi grogi atau gugup ketika berbicara di depan umum.

Baca Juga: Hinaan Dan Cacian Yang Membawa Berkah…Bacalah Sejenak!

Sumber: risalahislam

Loading...
loading...

Berita Terkait

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More