Cara Mudah Reset iPhone dan iPad Semua Tipe, 100% Work It!

Cara Factory Reset iPhone dan iPad Terbaru 2019

Perangkat iPhone kalian sedang bermasalah (error) atau lupa kata sandi? Dan mau mau tidak mau iPhone atau iPad kalian harus di reset? Tenang saja, karena pada kesempatan kali ini Widiynews akan berbagi tips cara paling mudah factory resetnya sehingga dapat kembali seperti semula dan pastinya aman.

Cara ini penting sekali dilakukan jika iPhone mengalami kerusakan, ingin dijual, atau diberikan kepada orang lain. Pastikan juga, Anda sudah mem-backup seluruh data seperti foto, video, dan musik kesayangan Anda. Sehingga, setelah di reset atau dihapus, kalian tetap bisa mengembalikan data yang telah dihapus.

Loading...

Cara Reset iPhone dan iPad Semua Tipe

Pastikan data kalian tetap aman sebelum menjual iPhone atau iPad kesayangan kalian. Nah, berikut Widiynews.com telah sediakan tutorial lengkap cara reset iPhone ke pengaturan pabrik. Sebelum data kalian terhapus, sebaiknya kalian mengikuti terlebih dahulu cara back up data iPhone dibawah ini.

Cara Back Up Data iPhone Terbaru

Sebelum kalian memutuskan untuk benar-benar menghapus seluruh data dan kalian tidak kehilangan moment penting yang tersimpan di perangkat, yuk ikuti cara back up data di smartphone iPhone dibawah ini.

Pertama, pastikan data yang akan di back up sudah siap. Kalian bisa menggunakan iCloud atau iTunes untuk membuat cadangan perangkat di iOS kalian.

1. Untuk iCloud, silahkan buka Pengaturan > iCloud > Cadangkan dan aktifkan. Jika fitur ini telah diaktifkan sebelumnya, kalian dapat mengetahui kapan cadangan terakhir kali dijalankan. Lihat dibawah opsi Back Up Now dimana tanggal dan waktu akan ditampilkan. Jika belum pernah diaktifkan, silahkan tekan tombol Back Up Now dan ikuti petunjuk selanjutnya.

Cara Back Up Data iPhone Terbaru 2. Untuk menggunakan iTunes, pastikan iPhone kalian telah terhubung dengan perangkat PC atau Mac menggunakan kabel pengisian daya atau USB. Klik pada iPhone atau iPad di sudut kiri atas iTunes, kemudian tekan tekan tombol Play.

Cara Mengembalikan iPhone ke Pengaturan Pabik (Factory Reset)

Pastikan semua data penting seperti foto, video dan dokumen penting lainnya sudah di back up melalui tutorial sebelumnya. Ingat, ini akan sepenuhnya menghapus perangkat Anda, itulah sebabnya penting sekali memiliki data cadangan.

Jika sudah dipahami, mari simak cara mudah reset iPhone dan iPhad untuk semua tipe terbaru dibawah ini.

Loading...

Cara Mengembalikan iPhone ke Pengaturan Pabik (Factory Reset)

  1. Untuk mengatur ulang iPhone atau iPad kalian, silahkan buka Pengaturan (Settings) > Umum (General) > Atur Ulang (Reset) dan pilih Hapus Semua Konten dan Pengaturan (Erase All Content and Settings).
  2. Anda akan diminta memasukkan kata sandi jika sebelumnya Anda mengatur kata sandi. Anda juga akan mendapat kotak peringatan berupa warna merah. Silahkan klik tombom tersebut.
  3. Anda juga akan diminta memasukkan kata sandi Apple ID Password. Setelah itu, iPad atau iPhone akan menghapus semu data, dan aplikasi yang ada didalam perangkat dan penyimpanan setelah itu akan kembali ke layar pengaturan awal dimana Anda akan melihat perangkat iPhone seperti pertama kali.
  4. Kalian juga bisa mengatur ulang iPhone dan iPad secara menyeluruh menggunakan iTunes.

Nah sekarang iPhone dan iPad Anda sudah selesai di reset dan kembali seperti bawaan pabrik.

Cara Menghapus Aplikasi dan File di iPhone Terbaru

Sama seperti di reset, menghapus aplikasi dan data juga dapat membantu iPhone Anda terasa seperti baru karena ruang penyimpanan akan lebih lapang. Perbedaannya, pengaturan lainnya masih tetap sama namun hanya data dan aplikasi saja yang terhapus. Silahkan ikuti panduannya dibawah ini.

Cara Menghapus Aplikasi dan File di iPhone Terbaru 2018

  1. Jika Anda ingin menghapus seluruh aplikasi dan datanya seperti foto, video, dan data lainnya terkait aplikasi tersebut, silahkan buka Pengaturan (Settings) > Umum (General) > Penyimpanan & Penggunaan iCloud (Storage & iCloud Usage).
  2. Dibawah Menu Penyimpanan (Storage), klik Kelola Penyimpanan (Manage Storage).
  3. Perangkat iOS Anda akan memberi tahu berapa banyak jumlah ruang yang telah digunakan dan ruang penyimpanan yang masih tersedia. Kalian juga akan menemukan aplikasi mana saja yang paling banyak mengurang ruang penyimpanan iPhone atau iPad Anda.
  4. Untuk menghapus aplikasi di iPhone, silahkan pilih salah satu aplikasi lalu Hapus Aplikasi (Delete App) dan konfirmasikan.

Selain cara ini, kalian juga bisa menghapus aplikasi secara langsung melalui layar utama, caranya ketuk dan tahan ikon App mana saja, lalu klik tanda X di kiri atas aplikasi untuk menghapusnya.

Perlu diingat kembali, jika pada saat ingin restore data namun data yang dicadangkan tidak ditemukan, maka besar kemungkinan data tidak tersimpan.

Sebab, data yang dicadangkan secara otomatis dienkripsi, dan ketika perangkat dihapus datanya maka kunci enkripsi tersebut dihancurkan.

Penutup

Demikian cara mudah reset iPhone dan iPad untuk semua tipe yang dapat Widiynews bagikan. Semoga tutorial ini dapat membantu Anda yang ingin mengembalikan ponsel iPhone seperti keadaan baru atau bawaan pabrik.

Pastikan sebelum Anda melakukan reset, data sudah di backup terlebih dahulu. Sehingga ketika ponsel berhasil direset data yang dihapus dapat dikembalikan seperti semua.

Artikel Terkait

Loading...

Comments are closed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More