in

Habib Bahar bin Smith Diperiksa Hari Ini, Terkait Kasus Menghina Jokowi

Habib Bahar bin Smith Diperiksa Hari Ini

Jakarta, WidiynewsHabib Bahar bin Smith dijadwalkan diperiksa sebagai saksi terlapor terkait ceramahnya yang diduga telah menghina Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini Senin 3 Desember 2018.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigadir Jenderal Polisi Dedi Prasetyo mengatakan, polisi telah melayangkan surat panggilan kepada Habib Bahar pada Jumat 30 November 2018.

“Alamatnya Habib Bahar banyak. Jumat (30 November 2018) sudah dikirim ke alamat rumah,” ujar Dedi saat dikonfirmasi, Senin, 3 Desember 2018.

Polisi juga telah menyiapkan surat panggilan berikutnya jika pada hari ini yang bersangkutan tidak hadir memenuhi panggilan peyidik. “Apabila tidak datang akan dipanggil kedua di alamat ponpes atau alamat tempat tinggal yang lain,” katanya.

Habib Bahar Dilaporkan Sekjen Jokowi Mania

Habib Bahar bin Smith Diperiksa Hari Ini, Terkait Kasus Menghina JokowiSebelumnya, Sekjen Jokowi Mania, Laode Kamaruddin melaporkan Habib Bahar ke Bareskrim Polri terkait dugaan kejahatan terhadap penguasa umum dan ujaran kebencian. Laporan tersebut telah terdaftar dengan nomor LP/B/1551/XI/2018/BARESKRIM tanggal 28 November 2018.

Ia dilaporkan atas dugaan melanggar Pasal 207 UU Nomor 1 Tahun 1946 tentang KUHP, UU Nomor 40 Tahun 2008 tentang Penghapusan Diskriminasi Ras dan Etnis, serta Pasal 16 juncto Pasal 4 huruf b angka 1 dan Pasal 45 ayat (2) jo Pasal 28 ayat (2) UU Nomor 19 Tahun 2016 tentang Indivasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

Habib Bahar juga Dilaporkan oleh Cyber Indonesia ke Polda Metro Jaya

Habib Bahar bin Smith Diperiksa Hari Ini, Terkait Kasus Menghina JokowiLaporan terhadap Habib Bahar bin Smith juga dilayangkan Ketua Cyber Indonesia, Muhammad Alaidi ke Polda Metro Jaya.

Laporan dugaan penghinaan terhadap Jokowi itu diterima dengan Nomor LP/6519/XI/2018/PMJ/Dit. Reskrimsus tertanggal 28 November 2018.

Tak Mau Meminta Maaf dan Lebih Memilih untuk Membusuk di Penjara

Habib Bahar bin Smith Diperiksa Hari Ini, Terkait Kasus Menghina JokowiSaat Reuni 212 di Monumen Nasional (Monas) Ahad 3 Desember 2018 kemarin, Habib Bahar bin Smith turut berorasi. Dia sempat menyinggung soal tuntutan sejumlah pihak terkait dirinya untuk meminta maaf karena dianggap telah menghina Presiden Jokowi.

Dalam orasinya, Habib Bahar mengatakan, ia memilih untuk membusuk di penjara daripada harus meminta maaf. “Saya memilih busuk dalam penjara daripada harus minta maaf,” katanya.

“Berjanjilah kalian jangan pernah padamkan api perjuangan, Allah akan binasakan pemimpin zalim,” katanya.

Alasan Habib Bahar Menyebut Presiden Jokowi adalah Banci

Habib Bahar bin Smith Diperiksa Hari IniHabib Bahar pun menceritakan alasan menyampaikan ceramah yang mengata-ngatai bahwa Jokowi disebutnya banci. Dia merasa bahwa ceramahnya dipotong-potong. Bahar berucap seperti itu, karena dia tidak rela rakyat didzalimi. Selain itu ia mengaku tak ingin melihat rakyat susah.

“Kenapa saya katakan ‘Presiden banci’, makanya jangan dipotong-potong ceramah saya. Kenapa ketika aksi 411, jutaan umat Islam, habib, ulama menemui Jokowi untuk minta keadilan penista agama justru ulama diberondong gas air mata dan Presidennya kabur,” kata Bahar di Monas.