in

6 Cara Mudah Meredakan Hitung Tersumbat

6 Cara Mudah Meredakan Hitung Tersumbat

Jakarta, WidiynewsHidung tersumbat itu rasanya memang luar biasa. Pastinya, saat sedang flu hidung kalian rasanya seperti sulit untuk bernafas karena tersumbat. Ya, beginilah memang rasanya saat sedang sakit flu.

Selain hidung rasanya seperti tersumbat, hidung berair atau yang biasa orang sebut hidung meler juga pernah dialami orang yang sedang terkena sakit flu atau demam.

DAFTAR ISI

6 Cara Mengobat Hidung Tersumbat dan Berair dengan Bahan Alami

Cara mengobati hidung tersumbat itu beragam, tapi ada juga yang menggunakan bahan-bahan alami sehingga lebih cepat sembuh.

Biasanya orang lebih suka minum-minuman yang hangat, seperti wedang jahe. Nah, ternyata, cara ini juga bisa kalian lakukan saat sedang flu. Selain membantu tubuh menjadi lebih hangat, kandungan jahe juga dapat meringankan batuk dan membuang lebih lega.

Selain wedang jahe, berikut makanan dan minuman yang bisa kalian konsumsi jika hidung sedang flu dan hidung terasa tersumbat. Apa saja, simak selengkapnya dibawah ini.

1. Minum Teh Hangat

Minuman teh sangat familiar di Indonesia, apalagi Indonesia juga punya daerah yang dikenal sebagai penghasil daun terbaik di dunia. Selain minum kopi, minuman teh biasa disajikan sebagai hidangan ketika ada tamu berkunjung kerumah.

Teh memang nikmat diminum saat cuaca sedang dingin atau pagi hari sambil menikmati camilan. Namun, siapa sangka, jika teh hangat ternyata bisa meringankan hidung tersumbat atau berair. Teh manis hangat juga bisa membantu tubuh menjadi lebih rileks.

Teh hangat, terutama teh hijau kaya akan flavonoid yang berfungsi sebagai bahan anti inflamasi dan meningkatkan kekebalan daya tahan tubuh. Nah, saat kalian sedang mengalami hidung tersumbat karena flu, cobalah untuk minum teh hangat.

2. Vitamin C

Vitamin CMinum Vitamin C juga dapat membantu tubuh menjadi lebih kebal terhadap cuaca. Mengonsumsi buah-buahan asam mungkin bisa membuat tenggorokan iritasi, untuk memenuhi asupan vitamin C, bisa juga diganti dengan suplemen atau pil vitamin C.

3. Madu

Luasnya hutan di Indonesia tidak hanya menyimpan berbagai jenis pepohonan yang bisa dimanfaatkan batangnya saja. Namun siapa sangka, salah satu kekeyaan hutan adalah adanya madu-madu asli dari berbagai jenis lebih yang berfungsi untuk mengobati berbagai jenis penyakit, salah satunya hidung tersumbat.

Madu memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi. Untuk menggunakannya caranya sangat mudah. Cukup cairkan madu dengan air hangat dan minum saat pagi dan sore hari. Maka dengan demikian, hidung tersumbat dan berair dapat terasa lebih ringan dan cepat sembuh.

4. Blueberry

BlueberryBlueberry memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Biasanya menggunakan blueberry sebagai bahan minuman jus atau juga dikonsumsi secara langsung agar bisa menikmat khasiatnya.

Salah satu manfaat blueberry adalah dapat digunakan untuk meringankan hidung tersumbat saat sedang flu. Sebab, buah berwarna biru ini sangat tinggi kandungan vitamin C-nya.

5. Bawang

BawangBawang memang punya aroma yang tidak sedap, terlebih bawang putih. Tapi, siapa sangka jika keduanya punya manfaat yang sangat dikenal dalam dunia kesehatan, salah satunya adalah obat pencegah kanker, terutama bawang putih.

Bawang merah dan putih punya khasiat antibakeri yang sangat baik untuk melawan virus flu dan meredakan hidung tersumbat. Bisa dimakan secara langsung atau dijadikan lalapan. Tapi karena rasanya yang sedikit bau dan pedas, Anda bisa mencampurkan potongan bawang ke dalam sup sehingga Anda tetap dapat menikmati manfaat bawang demikian seperti dilansir Widiynews.com dari laman Vemale.com

Nah, itulah cara mengobati hidung tersumbat karena flu yang dapat kami berikan untuk kalian. Semoga informasi ini dapat bermanfaat dan semoga lekas sembuh ya.