in

Terlalu Lama Menggunakan Ponsel, Awas Penyakit Ini Mengintai Anda!

Terlalu Lama Menggunakan Ponsel, Awas Penyakit Ini Mengintai Anda!
Terlalu Lama Menggunakan Ponsel, Awas Penyakit Ini Mengintai Anda via lepetitjournal.com

Ponsel smartphone saat ini tidak hanya sekedar pelengkap gaya hidup, tapi juga menjadi alat wajib untuk membantu seseorang menjalankan sejumlah aktivitas sehari-hari. Banyak orang lupa waktu saat menggunakan smartphone untuk nonton film, main game, membuka media sosial atau sekedar menjelajah internet.

Tak hanya berlama-lama memainkan smartphone saja, beberapa diantara pengguna juga sering mengalami typo atau salah pencet saat mengetik di layar ponsel. Ternyata, hal kecil yang bisa mengakibatkan masalah besar ini merupakan salah satu tanda bahwa penyakit Tech Neck.

Mengenal Penyakit Tech Neck, Gejala dan Cara Mengobati

Tech Neck adalah penyakit di mana bagian bahu dan leher terasa seperti kaku karena terlalu menggunakan smartphone. Saat terlalu lama memainkan smartphone, kita pasti sering merasakan pegal, terutama dibagian otot bahu, jari-jari, leher dan tangan.

Gejala yang sering ditunjukkan oleh penyakit Tech Neck adalah salah saat mengetik atau typo. Ini disebabkan karena jari dan tangan mulai kehilangan kontrol.

Mata sering terasa tidak fokus dan pusing saat menatap layar ponsel juga bisa menjadi penyebab Tech Neck.

Untuk mengobati penyakit ini, cobalah untuk mengurangi intensitas dalam menggunakan ponsel. Saat tubuh terasa pegel, seperti leher atau pundak terasa kaku, cobalah untuk menggerakan pundak dan leher secara perlahan dan berulang kali.

Jika perlu, hentikan sementara menggunakan ponsel untuk mengurangi rasa pegal dan pusing yang berlebih akibat terlalu lama menatap layar ponsel. Kalian bisa berjalan-jalan sebentar atau minum air putih agar tidak terasa pusing.