Ini Penyebab dan Gejala Kanker Getah Bening, Penyakit yang Diderita Ust. Arifin Ilham

Gejala dan Penyebab Kanker Getah Bening

Nama pencemarah Ustadz Arifin Ilham tengah viral dan menjadi banyak pembicaraan di media sosial baru-baru ini. Namanya semakin ramai diperbincangkan sejak dirinya dikabarkan kembali dirawat di salah satu rumah sakit dan dalam kondisi lemah.

Awalnya, banyak yang menduga jika Ustadz Arifin Ilham kembali di rawat karena penyakit yang dulu sempat dideritanya, yakni Kanker Getah Bening. Meski demikian, kabar ini ditampik oleh putranya, Muhammad Alvin Aziz.

Menurut informasi Alvin, sang ayah dirawat kembali dirumah sakit bukan karena penyakit kanker getah beningnya kembali kambuh. Hal ini ia ungkapkan saat menjawab salah satu pertanyaan dari netizen.

Menurut informasi yang sama, Alvin mengatakan bahwa ayahnya sudah sembuh dari kanker getah bening yang dulu sempat diderita dan sempat menjalani perawatan di rumah sakit. “Terakhir saya dengar infonya Ustadz Arifin Ilham sudah sembuh dari penyakit kanker getah beningnya. Apa benar mas?,” tanya netizen dengan akun @Susanleoni_a. “Iya, benar. Tapi ini bukan kanker, beda,” jawab Alvin ramah.

Apa itu Kanker Getah Bening?

Walau saat ini Ustadz Arifin Ilham tidak mengidap kanker getah bening, apapun penyakit yang ia derita saat ini, semoga ia senantiasa diberi kesehatan dan kekuatan untuk melawan penyakit yang sedang beliau derita saat ini. Semoga juga Allah SWT senantiasa memudahkan segala usaha sang ustadz.

Menelisik perjalanan Ustadz Arifin Ilham yang sebelumnya, yakni terkait kanker getah bening. Maka tidak ada salahnya untuk mengetahui dan memahami lebih jauh perihal penyakit kanker ini. Berikut penyebab dan gejala kanker getah bening yang harus kalian ketahui.

Penyebab Kanker Getah Bening

Melansir berbagai sumber, kanker di kelenjar getah bening ini dapat muncul di kelenjar getah bening dengan dua cara yakni dapat mulai di sana atau menyebar di tempat lain, sumber cancer.org.

Kanker yang dimulai pada kelenjar getah bening disebut juga limfoma. Namun, menurut informasi, disebut juga sering kanker dimulai ditempat lain dan kemudian menyebar ke kelenjar getah bening. Lalu bagaimana dengan kanker menyebar di kelenjar getah bening?

Penyebaran Kanker Getah Bening

Kanker ini dapat menyebar dari tempat awalnya ke bagian lain dari tubuh. Ketika sel-sel kanker melepaskan diri dari tumor, mereka juga dapat berpindah ke area lain dari tubuh baik melalui aliran darah atau sistem getah bening.

Sel-sel kanker dapat berjalan melalui aliran darah untuk mencapai organ yang jauh. Jika sel kanker melakukan perjalanan melalui sistem getah bening, sel-sel kanker mungkin akan berakhir di kelenjar getah bening.

Meski demikian, tidak semua sel kanker yang lolos mati atau terbunuh sebelum mereka dapat mulai tumbuh ditempat lain, kemungkinan ada satu atau dua yang menetap di tempat baru, tumbuh dan membentuk tumor baru. Penyebaran kanker ini ke bagian tubuh lain disebut juga metastasis.

Fase Pertumbuhan Sel Kanker di Tempat Baru

Sel kanker bisa menyebar ke bagian tubuh yang baru harus melalui beberapa perubahan. Pertama, ia harus melepaskan diri dari tumor asli kemudian menempel pada dinding luar pembuluh getah bening atau pembuluh darah.

Sel kanker kemudian bergerak melalui dinding pembuluh darah untuk mengalir bersama darah atau getah bening ke organ baru atau kelenjar getah bening. Ketika kanker tumbuh dalam kelenjar getah bening, biasanya memengaruhi getah bening di dekat tumor itu sendiri.

Gejala Kanker Getah Bening

Untuk mendeteksi gejala kanker getah bening, memang cukup sulit ditemukan mengingat kelenjar getah bening normal itu kecil. Tapi, ketika infeksi, peradangan, atau kanker, kelenjar getah bening bisa membesar sehingga bisa dirasa dengan jari bahkan beberapa diantaranya dapat dilihat.

Jika ada beberapa sel kanker, mungkin akan nampak dan terasa normal. Inilah alasannya, dalam menjalani perawatan dan pengobatan dokter harus memeriksa kanker dengan membuang seluruh atau sebagian dari kelenjar getah bening.

Berita Terkait

KONTEN BERSPONSOR

Loading...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Advertisements fund this website. Please disable your adblocking software or whitelist our website. Thank You!