in

Kenali Lebih Detail Kanker Nasofaring, Penyakit yang Kini Diderita Ustadz Arifin Ilham!

Ustadz Arifin Ilham Ternyata Mengidap Kanker Nasofaring

Kenali Lebih Detail Kanker Nasofaring, Penyakit yang Kini Diderita Ustadz Arifin Ilham!
Ustadz Arifin Ilham Ternyata Mengidap Kanker Nasofaring via kumparan.com

Ustaz Arifin Ilham tengah menjalani perawatan di RS Cipto Mangunkusumo, Jakarta. Ia dirawat sudah sejak Senin, 7 Januari 2019. Meski belum diketahui sakit apa yang diderita oleh Ustaz Arifin, namun banyak pihak yang mengatakan jika sang ustaz menderita kanker getah bening serta ada pula yang mengatakan jika  Pimpinan Yayasan Pesantren Adz-Dzikra, Sentul, Bogor ini menderita kanker nasofaring.

Tak hanya ustaz Arifin Ilham, sebelumnya aktris sekaligus penyanyi Ria Irawan juga mengidap kanker getah bening. Meski demikian, kondisinya berangsur membaik dan dikabarkan telah sembuh dari kanker getah bening.

Namun, setelah kondisi ustaz Arifin berangsur membaik, kini ia kembali harus dirawat di RS Cipto Mangunkusumo. Kabar sakitnya penceramah kondang ini sontak membuat publik kaget dan bertanya-tanya perihal sakit yang kini diderita oleh ustaz Arifin.

Belakangan ini memang tengah ramai dikabarkan jika ia mengidap kanker nasofaring. Nah, buat kalian berikut Widi bagikan informasi terkait ciri-ciri, gejala serta pencegahan dari kanker nasofaring untuk menambah wawasan kalian.

Apa Itu Kanker Nasofaring?

Kanker nasofaring adalah jenis kanker yang tumbuh di rongga belakang hidung dan belakang langit-langit rongga mulut. Kanker ini sering kali dikaitkan dengan adanya virus epstein barr (VEB), yaitu salah satu virus dalam keluarga herpes dan dikenal dengan demam kelenjar.

Ustaz Arifin Ilham tengah menjalani perawatan di RS Cipto Mangunkusumo, Jakarta via tribunnews.com

Kanker nasofaring disebabkan oleh tumor di belakang hidung. Jika saat sel kanker berpindah ke otak, bisa menyebabkan syaraf kranial lumpuh. Syaraf kranial adalah batang otak yang menyambungkan sumsum tulang belakang dengan otak.

Baca juga: Berujung Kematian, Ini Gejala-Gejala Kanker Darah!

Kelumpuhan bisa terjadi sepenuhnya atau sebagian saja dan bisa saja lumpuh hanya di area yang menyerang syaraf secara langsung, termasuk dapat memicu kebutaan.

Siapa Saja yang Berisiko Mengidap Kanker Nasofaring?

Ada beberapa hal yang dapat membuat seseorang terserang penyakit kanker nasofaring, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Sering mengonsumsi makanan dan minuman panas yang dapat merangsang selaput lendir, seperti minuman yang mengandung alkohol
  • Menghisap rokok
  • Menghisap asap minyak tanah, asap kayu bakar, asap obat nyamuk, atau asap candu.
  • Tinggal di rumah yang pergantian udaranya kurang baik
  • Faktor genetik: garis keturunan penderita kanker nasofaring

Gejala-Gejala Kanker Nasofaring

Gejala-gejala kanker nasofaring memang tidak diketahui dengan mudah, mengingat letaknya yang tersembunyi di belakang hidung. Sehingga gejala kanker ini sering terlambat diketahui, apalagi gejala awalnya.

Berikut gejala kanker nasofaring stadium awal:

  • Telinga timbul suara berdengung dan terasa penuh tanpa disertai rasa sakit sampai pendengaran berkurang.
  • Hidung sedikit mimisan, tetapi berulang.
  • Hidung tersumbat terus-menerus, kemudian pilek.

Pencegahan Kanker Nasofaring

Jika mengalami gejala kanker nasofaring, segeralah untuk melakukan pemeriksaan berupa CT Scan, rhinoskopi anterior dan posterior, nasofaringoskopi, biopsi dan pemeriksaan histopatologi.

Dan jika telinga sering kali berdengung, hidung sering tersumbat dalam waktu lama, segeralah periksakan ke dokter THT.

Pengobatan kanker nasofaring dapat dilakukan dengan radioterapi yang dikombinasikan dengan kemoterapi. Semakin cepat diketahui, maka semakin besar peluang untuk bisa sembuh cepat dan secara total.

Semoga lekas sembuh Ustaz Arifin Ilham….